WhatsApp Call Jadi 'Zombie', Mungkin Ini Sebabnya

WhatsApp Call Jadi 'Zombie', Mungkin Ini Sebabnya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 26 Nov 2019 13:37 WIB
Ilustrasi WhatsApp. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Sebagian pengguna mengalami WhatsApp Call tak bisa mati mesti sudah selesai menelepon. Kira-kira, apakah penjelasannya?

Pakar keamanan dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengaku mengalami masalah yang sama. Ia menduga ada sistem software yang kurang sempurna.

"Kayanya sih sistem software yg tidak sempurna. Bisa di WhatsApp, bisa juga di Android-nya," sebut Alfons kepada detikINET, Selasa (26/11/2019).


Seperti diberitakan, meski WhatsApp Call telah ditutup, panggilan tetap berjalan yang dapat terlihat saat pengguna melakukan swipe ke bawah untuk melihat notifikasi. Terlihat di situ tulisan 'ongoing voice call' yang berarti panggilan tetap berjalan meski sudah tak ada pembicaraan.

Baru jika pengguna melakukan swipe atau membersihkan notifikasi, durasi panggilan akan berhenti. Tanpa dilakukan swipe, panggilan baru akan mati jika dilakukan panggilan berikutnya melalui WhatsApp.

"Jadi sebenarnya aplikasinya sudah mati dan call-nya sebenarnya sudah mati di WA tapi di system managernya masih belum mati. Ini murni masalah software yang bisa dari Android atau WhatsApp," cetus Alfons.

Ia belum tahu secara persis apakah ada bahayanya, apakah untuk pengintaian atau yang lainnya. "Jadi sebaiknya kalau sudah WA Call selalu swipe ke system manager dan matikan dengan swipe kiri, sambil menunggu dibenarkan oleh WhatsApp atau Google," lanjut Alfons.

Mengenai apakah isu ini berpengaruh pada ketahanan baterai, Alfons menilai seharusnya tidak terjadi lantaran panggilan sebenarnya sudah mati. Kalau proses call yang sebenarnya mati itu harusnya tidak berdampak pada baterai. Jadi tampilan saja seakan-akan masih call di system manager," tandasnya.



Simak Video "Begini Cara Dapatkan Stiker Animasi di WhatsApp!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)