Selasa, 26 Nov 2019 11:33 WIB

Aneh, WhatsApp Call Tidak Mati Walau Sudah Ditutup

Fino Yurio Kristo - detikInet
WhatsApp. Foto: Photo by Rachit Tank on Unsplash WhatsApp. Foto: Photo by Rachit Tank on Unsplash
Jakarta - Beberapa pengguna WhatsApp mengeluhkan ada masalah yang menimpa fitur panggilannya. Sesudah menghubungi seseorang dan panggilan melalui WhatsApp call telah ditutup, ternyata durasi panggilan itu tetap berjalan di latar belakang.

Hal itu antara lain menimpa Ketua Komunitas Konsumen Indonesia, David Tobing. "Ini terjadi juga di beberapa teman saya. Misalnya saya hubungi dan kita sudah selesai bicara, lalu saya matikan tapi ternyata durasinya jalan terus, bahkan saya sempat lihat ada yang 24 jam," katanya kepada detikINET.

David menyebut isu tersebut terjadi sejak update terbaru WhatsApp. Ketika dicoba telepon dengan detikINET, masalah tersebut kembali terjadi.


Meskipun WhatsApp Call telah ditutup, durasi panggilan tetap berjalan yang dapat terlihat saat pengguna melakukan swipe ke bawah untuk melihat notifikasi. Terlihat di situ tulisan 'ongoing voice call' yang berarti panggilan tetap berjalan meskipun sebenarnya sudah tidak ada pembicaraan yang berlangsung.

Jika pengguna melakukan swipe atau membersihkan notifikasi, barulah durasi panggilan akan berhenti. Tanpa dilakukan swipe, panggilan baru akan mati jika dilakukan panggilan berikutnya melalui WhatsApp.

Jika pengguna tidak awas, maka durasinya bisa terus berjalan, bahkan bisa sampai 24 jam. Hal ini menurut David membuat baterai smartphone berpotensi tergerus lantaran WA Call sepertinya terus aktif kecuali ada tindakan dari user sendiri.

Ketika ditelusuri, ada pengguna lain yang mengalami masalah yang sama. Sejauh ini, baru terpantau menimpa perangkat Android. Nah, apa kira-kira penyebabnya? detikINET sedang menghubungi pakar untuk mencari penjelasannya.



Simak Video "Iklan di WhatsApp Bakal Dibatalkan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)