Sabtu, 23 Nov 2019 06:04 WIB

Apple Habiskan Miliaran Dollar untuk Maps

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Twitter Foto: Twitter
Jakarta - Baru-baru ini terungkap kalau Apple menghabiskan dana miliaran dollar untuk mengembangkan layanan peta digital Apple Maps.

Informasi ini terungkap ketika Apple menjawab pertanyaan dari House of Representatives Judiciary Committee Amerika Serikat, yang merupakan bagian dari investigasi terhadap tudingan monopoli terhadap Apple.

Sebenarnya rumor yang menyebut Apple menghabiskan banyak uang untuk Maps sudah ada sejak lama. Namun baru kali ini mereka mengakui kalau layanan peta digital tersebut sudah menghabiskan uang miliaran dollar, meski memang tak dijelaskan secara spesifik berapa miliar yang sudah dihabiskan.

Namun yang jelas Apple Maps adalah layanan yang buruk saat pertama diluncurkan pada September 2012. Bahkan Forbes menyebut Apple Maps adalah bencana terburuk di dunia teknologi selama 2012.


Saat itu aplikasi ini menjadi malapetaka bagi banyak orang, seperti membuat orang tersesat karena memberikan arah yang salah, tak mendukung informasi transportasi publik, dan lain sebagainya. Saat itu Apple merilis Apple Maps untuk menggantikan Google Maps sebagai aplikasi peta digital di iOS 6.

Apple mengganti Google Maps karena dianggap terlalu banyak mengumpulkan data pengguna. Namun karena banyaknya insiden yang terjadi gara-gara Apple Maps, akhirnya CEO Apple Tim Cook pun mengeluarkan permintaan maaf ke publik.

Kini, beberapa tahun kemudian, kinerja Apple Maps memang sudah sangat membaik dibanding saat pertama dirilis. Maka mungkin memang wajar jika Apple mengeluarkan banyak uang untuk mengembangkan layanan peta digitalnya tersebut, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (22/11/2019).



Simak Video "Kemungkinan Apple Tak Hadirkan Lightning Port di iPhone 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)