Jumat, 22 Nov 2019 11:00 WIB

Bos YouTube Minta YouTuber Tenar Jangan Ragu 'Pamit'

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Sean Gallup/Getty Images Ilustrasi. Foto: Sean Gallup/Getty Images
Jakarta - Ketakutan akan kehilangan subscriber membuat YouTuber, terutama yang sudah tenar, memaksa diri terus-terusan membuat konten meski lelah secara fisik maupun mental. Padahal menurut CEO YouTube, hal itu tidak berhubungan.

CEO YouTube, Susan Wojcicki, mengaku mendengar keluhan kreator yang merasa harus konstan memproduksi konten sehingga mereka capek sendiri. Maka, ia meminta penelitian soal itu dan hasilnya, meskipun kreator beristirahat sejenak, channel mereka tetaplah populer.

"Saya mendengar beberapa kreator mengatakan mereka tak bisa beristirahat dari merekam video karena cemas channel mereka bakal kena akibatnya. Nah, kami ingin mendorong Anda untuk memperhatikan diri sendiri dan berinvestasi untuk pemulihan," tulisnya di blog.


Ditemukan oleh YouTube bahwa menarik diri sebentar dari channel YouTube tidak lantas membuat subscriber turun, bahkan malah mengalami pertambahan dalam jumlah views.

"Dari jutaan channel ditemukan ada hal yang sama, yaitu rata-rata channel memiliki lebih banyak views ketika mereka kembali dibandingkan saat mereka pergi," cetus Susan.

"Jika Anda membutuhkan beberapa waktu untuk off, maka fans Anda akan memahaminya. Lagipula, mereka mengikuti channel tersebut karena Anda," papar dia yang dikutip detikINET dari CNBC.



Simak Video "PewDiePie Pamit Sebentar dari YouTube "
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/agt)