Rabu, 20 Nov 2019 16:01 WIB

Mendikbud Nadiem Minta Google Prioritaskan Indonesia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Suasana acara. Foto: Aisyah Kamaliah Suasana acara. Foto: Aisyah Kamaliah
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa pemerintah siap membantu para startup guna membangun industri digital di Indonesia. Di sisi lain, ia juga mengharapkan peran besar dari perusahaan semacam Google.

"Saya sangat excited mengenai program pendidikan teknologi di Indonesia, satu karena itu bidang saya jadi saya sedikit 'yesss', kedua kalo Indonesia ingin maju untuk menjadi SDM unggul mungkin mengikuti jalur yang sama dengan negara lain, kita nggak akan bisa nyampe," jelas Nadiem, Rabu (20/11/2019) di acara Google4ID, Jakarta Selatan.

"Kita harus melakukannya dengan cara shortcut yaitu digitalisasi dan pendidikan teknologi," tambah pendiri dan mantan CEO Gojek ini.


Menurut Nadiem yang penting bukan hanya software, tapi bagaimana teknologi bisa membentuk manusia, meningkatkan kapabilitas yang sebelumnya hanya berada di level rendah menjadi 10 kali lebih efektif dengan bantuan teknologi.

"Dalam membangun teknologi cara kita bekerja harus berbeda, kalau kata saya bukan produknya tapi bagaimana membangun produknya," jelasnya.

Arah teknologi juga harus berubah termasuk pemerintah. Nadiem mengatakan pemerintah seharusnya berpikir untuk bagaimana melayani bukan hanya sekadar membuat aturan.

"Seperti kata presiden jangan send-send saja tapi deliver. Satu hal saya minta tolong Google dan perusahaan lain, jadikan Indonesia prioritas nomor 1 di dunia. Mohon sekarang langsung aja, ini loh yang kita butuhkan untuk mencapai ini, jangan segan-segan sama pemerintah," tandas Nadiem.



Simak Video "Mas Nadiem, HNW Punya Wejangan Jika Ingin Hapus UN"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)