Mager Terjemahkan Bahasa Asing? Pakai Google Go Tinggal Dengarkan

Mager Terjemahkan Bahasa Asing? Pakai Google Go Tinggal Dengarkan

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 20 Nov 2019 12:58 WIB
Google Go. Foto: Google
Jakarta - Kadang malas menerjemahkan atau kesulitan membaca web berbahasa asing? Google Go menawarkan fitur baru yaitu semacam pembaca yang memungkinkan user untuk mendengarkan halaman web apapun yang diinginkan dengan menerjemahkannya.

"Hal pertama yang ingin saya bicarakan adalah sejumlah tantangan terbesar untuk pengguna internet. Jadi, yang pertama adalah bahasa. Kalau Anda tumbuh dengan bahasa lokal akan susah untuk mencari konten yang Anda inginkan," kata Bibo Xu, Product Manager Google Search, beberapa waktu lalu.

Hanya dengan mengetuk tombol, fitur ini mampu mengucapkan seluruh halaman web dan kamu dapat mendengarkannya. Sangat membantu tentunya apalagi ketika kamu dalam situasi yang tak memungkinkan untuk membaca.


"Kami 'membawa' Google Translate ke pencarian. Jadi katakanlah kamu menemukan artikel Wikipedia berbahasa Inggris, gambar macan, kamu bisa menerjemahkannya," katanya.

Jika kamu hanya bisa bahasa daerah, cukup ketuk bagian atas dan secara otomatis Google Go akan menerjemahkan seluruh halaman untuk menjadi bahasa Indonesia atau bahasa lokal misalnya Sunda atau Jawa yang sudah ada di Google Translate. User juga bisa memutar ulang kata-kata yang diucapkan dari halaman web tersebut.


Selain itu fungsi tersebut, Google Go juga ditambahkan fitu baru lain yakni Key Moments yang gunanya adalah untuk mengkategorikan hasil pencarian visual, yaitu gambar dan video. Fitur ini membuat Google Go punya kemampuan layaknya Google Search biasa.

Nah fitur berikutnya yang tak kalah kerennya adalah Google Lens yang bisa membantu kamu mengetahui barang apa yang ingin kamu ketahui mulai dari nama dan di mana kamu bisa membelinya. Saat kamu melihat sesuatu misalnya kursi, kamu bisa memakai fitur Lens untuk mengetahui produk tersebut lebih lanjut.

Simak Video "Google Umumkan 8 Startup yang Telah Lulus dari Program Akselerasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)