Jumat, 15 Nov 2019 22:50 WIB

Ramai-ramai Tenteng Sepatu ke Panggung detikcom di SMW 2019

Agus Tri Haryanto - detikInet
Keseruan community meet up detikcom di Social Media Week 2019 (Agus Tri Haryanto/detikcom) Keseruan community meet up detikcom di Social Media Week 2019 (Agus Tri Haryanto/detikcom)
Jakarta - Keriuhan terjadi di panggung detikcom di sesi community meet up Social Media Week 2019 Jakarta, Jumat (15/11/2019). Sejumlah orang ramai-ramai menenteng sepatu ke atas panggung. Ada apa?

Rupanya ini merupakan bagian dari skenario program giveaway yang diimplementasikan oleh detikcom. Adapun giveaway ini sendiri merupakan topik yang dibahas oleh Ardhi Suryadhi selaku Vice Editor in Chief detikcom dan Karel Anderson, Manager of Brand Communication detikcom.

Ramai-ramai Tenteng Sepatu ke Panggung detikcom di SMW 2019Duet Karel dan Ardhi (Agus Tri Haryanto/detikcom)

Awalnya para pembicara tak menyebutkan secara gamblang giveaway ini. Mereka hanya memberikan klu yang terlihat dari kaos yang dikenakan bertuliskan "Ada Apa di Aplikasi detikcom?" dan "Buka Aplikasi detikcom Detik Ini Juga!".

Sebelumnya ada clue lain juga yang dipanjang di aplikasi detikcom berupa banner dan artikel. Peserta mulai menyadari ada sesuatu saat pembicara akan mengakhiri pembahasannya tentang giveaway. Ditambah ditampilkannya hitung mundur di layar.


Menyadari hal itu, beberapa peserta yang mengikuti sharing session ini mulai berbondong-bondong maju ke atas panggung sambil meneteng sepatu sebelah kanan mereka. Alhasil, peserta yang maju ini otomatis mendapatkan kaos eksklusif dari detikcom. Eits, tak sampai di situ.

Peserta ini pun ditantang untuk menukar sepatu mereka dengan yang akan diberikan detikcom. Tak mengetahui apa yang akan diberi, peserta pertama mundur.

Ramai-ramai Tenteng Sepatu ke Panggung detikcom di SMW 2019Penjelasan give away ala detikcom (Agus Tri Haryanto/detikcom)

Giliran peserta kedua berani barter, meski tak tahu apa yang bakal diterimanya. Peserta yang bernama Sukma Alam ini pun diganjar detikcom untuk membeli sepatu anyar lagi di Senayan City dengan budget Rp 5 juta.

Padahal, sepatu milik Alam ini baru berusia tiga bulan dan pemberian istrinya diserahkan kepada detikcom. Menjadi pemenang giveaway, Alam sempat khawatir dan ia menelpon dan meminta izin kepada istrinya.


Mendapat sinyal hijau dari sang teman hidup, Alam kemudian bergegas ke toko sepatu yang berada di Senanyan City, tentunya dengan kondisi nyeker. Diberi waktu 30 menit, dosen Universitas Budi Luhur ini langsung jatuh cinta dengan sepatu Nike yang corak warnanya tak jauh beda dari yang ia miliki sebelumnya.

Sepatu tersebut diketahui hanya dibanderol sekitar Rp 2,2 jutaan. Sementara sepatu yang terdahulu berada di harga Rp 1 jutaan.

Pada akhirnya, detikcom mengembalikan sepatu yang dipertaruhkan untuk ditukar dengan sepatu anyar yang ditraktir oleh detikcom. Di SMW edisi kali ini, detikcom mengangkat tema "How to Create Content Through Giveaway" dengan memaparkan jurus memanfaatkan giveaway untuk menarik user dan meningkatkan traffic.

Ramai-ramai Tenteng Sepatu ke Panggung detikcom di SMW 2019Pemenang give away (Agus Tri Haryanto/detikcom)


Simak Video "Social Media Week Jakarta, Optimalkan Medsos Jadi Umpan Positif"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)