Selasa, 12 Nov 2019 19:52 WIB

Aplikasi Pengintai Instagram Pasangan Dicekal Apple

Josina - detikInet
Ilustrasi. (Foto: Unspslah) Ilustrasi. (Foto: Unspslah)
Jakarta - Apple dilaporkan telah menghapus sebuah aplikasi di App Store yakni Like Patrol. Pasalnya, aplikasi ini memungkinkan pengguna dapat mengawasi segala aktivitas orang lain di media sosial khususnya di Instagram.

Dilansir detikINET dari Independent, Selasa (12/11/2019), aplikasi Like Patrol menarik biaya sebanyak USD 80 atau sekitar Rp 1,1 juta kepada penggunanya.

Setelah berlangganan, pengguna akan dikirimkan notifikasi setiap kali seseorang yang ia pantau melakukan kegiatan di Instagram, seperti memberikan like foto, mengomentari hingga follow sebuah akun.


Pada akhir Oktober lalu, Instagram bertindak dengan mengirimkan surat kepada Apple agar aplikasi tersebut dihapus karena dianggap telah melanggar kebijakan privasi dan pengumpulan data pengguna.

Untuk diketahui, aplikasi Like Patrol yang pertama kali muncul di App Store pada awal tahun 2019 ini ditujukan bagi pasangan yang ingin saling mengawasi kegiatan di Instagram.

"Orang baru? gadis baru? Apa yang mereka lakukan di Instagram? Dengan Like Patrol kamu dapat melihat postingan yang mereka sukai secara khusus," demikian yang ditulis di situs aplikasi tersebut.


Aplikasi ini mirip dengan fitur yang telah dihapus di Instagram yakni Tab Following, yang memungkinkan penggunanya untuk dapat melihat aktivitas user Instagram lainnya seperti follow atau menyukai postingan foto. Namun oleh Facebook, fitur tersebut sudah dihilangkan.

Pendiri aplikasi Like Patrol, Sergio Luis Quintero mengatakan bahwa aplikasinya yang telah digunakan kurang ari 300 orang tersebut bertindak mirip dengan fitur Following Tab milik Instagram dulu.

Meski telah dihapus, Quintero ingin memperjuangkan agar aplikasinya tersebut dapat kembali pulih dan masuk ke App Store. Aplikasi ini memang khusus untuk pengguna Apple, karena tidak tersedia untuk perangkat Android.

Simak Video "Aturan Baru! Pengguna Instagram Minimal Berusia 13 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)