Selasa, 12 Nov 2019 13:37 WIB

Google Doodle Rayakan Hari Ayah Nasional

Josina - detikInet
Google Doodle Hari Ayah Nasional (Foto: screenshot) Google Doodle Hari Ayah Nasional (Foto: screenshot)
Jakarta - Tepat hari ini tanggal 12 November dijadikan peringatan Hari Ayah Nasional, Google pun turut memeriahkannya dengan doodle di laman pencariannya.

Dalam doodlenya, Google memberikan sebuah animasi bergerak ilustrasi seekor burung warna-warni. Dalam gambar itu, ada satu burung besar sebagai sosok ayah dan enam burung kecil sebagai anak-anaknya.

Ada juga tiga tombol di bawahnya yang bisa pengguna klik, di mana ketika salah satunya diklik maka akan muncul keakraban sang ayah terhadap anak-anaknya yang sedang bermain dan bercanda.


Mengutip laman kemdikbud, sejarah Hari Ayah Nasional di Indonesia sendiri lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Pada tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Pada acara tersebut banyak peserta yang menanyakan juga kapan acara dibuat untuk Ayah.

"Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah?" tanya seorang peserta secara mengejutkan banyak panitia.


Dari pertanyaan tersebut tergugahlah hati untuk mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia. PPIP berusaha mencari informasi tentang hari ayah, hingga audiensi ke DPRD kota Surakarta.

Hingga akhirnya, setelah melalui kajian yang cukup panjang, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional.

Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan 'Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya".

Di hari dan jam yang sama, deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku 'Kenangan untuk Ayah' yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diselesi dari SAyembara Menulis Surat untuk Ayah.

Dalam rangka Hari Raya Ayah Nasional, detikINET pun juga turut meramaikan dengan mengaakan tema lomba fotostop 'Ayah Pahlawanku' dengan hadiah uang tunai Rp 500 ribu. Yuk Ikutan di sini.

Simak Video "Gemasnya Google Doodle Rayakan Hari Ayah Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)