Mengenal Sosok Tertutup di Balik Induk TikTok - Halaman 2

Mengenal Sosok Tertutup di Balik Induk TikTok

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 11 Nov 2019 21:15 WIB
Foto: Dok. Reuters

Pekerjaan pertama Zhang adalah engineer software di startup digital travel booking bernama Kuxun. Pekerjaan pertama ini, menurut Zhang, mengajarkannya banyak ilmu penjualan yang kemudian berguna dalam mengembangkan ByteDance.

"Saat itu saya bertanggung jawab terhadap teknologi, namun ketika produknya bermasalah, saya secara aktif berpartisipasi dalam diskusi dalam perencanaan produk. Banyak yang bilang seharusnya saya tak ikut mengerjakan itu. Namun menurut saya, rasa tanggung jawab dan keinginan untuk melakukan sesuatu dengan baik akan membuat anda mendapat banyak pengalaman dan bisa melakukan hal lain," ujar Zhang.

Salah satu hal unik mengenai TikTok dan Zhang adalah ia mengakui pada awalnya ia hanya menonton video yang ada di TikTok, tanpa pernah ikut membuat video sendiri. Alasannya saat itu adalah produk itu ditujukan untuk anak muda.


Namun kemudian ia melakukan perubahan, yaitu dengan mewajibkan semua anggota tim manajemen untuk membuat video TikTok. Tak sekadar membuat, ia pun mewajibkan video-video tersebut untuk bisa mendapat jumlah 'likes' tertentu, yang jika tak terpenuhi maka akan ada hukuman push up bagi mereka.

"Ini adalah sebuah langkah besar bagiku," ujarnya.

Zhang sendiri dikenal sebagai sosok yang karismatik dengan tutur kata yang lembut, sangat bersemangat namun logis, dan muda namun sangat bijak.