Senin, 11 Nov 2019 21:15 WIB

Mengenal Sosok Tertutup di Balik Induk TikTok

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Reuters Foto: Dok. Reuters
Jakarta - Popularitas TikTok di dunia, utamanya di Indonesia, memang sangat tinggi. Namun tak banyak yang mengenal sosok pendiri ByteDance, perusahaan yang merilis TikTok.

Ia adalah Zhang Yiming, software engineer berusia 35 tahun, yang saat ini merupakan orang terkaya ke-13 di China. Kekayaannya tercatat mencapai USD 16,2 miliar.

Mayoritas kekayaan Zhang ini berasal dari sahamnya di ByteDance yang besarnya mencapai 24%. Ia pertama didaulat sebagai seorang miliuner pada Maret 2018, saat kekayaannya masih USD 4 miliar, dan kini sudah jauh bertambah menjadi USD 16,2 miliar.


Zhang adalah sosok yang sangat tertutup dan tak banyak yang mengetahui soal kehidupan pribadinya. Berikut adalah beberapa fakta mengenai Zhang, yang dikutip detikINET dari South Morning China Post.

Lahir pada 1983, tepatnya di provinsi Fujian, China, dari orang tua yang bekerja sebagai pegawai publik, atau PNS. Nama Zhang Yiming berasal dari sebuah pepatah China yang artinya kurang lebih 'bisa mengejutkan banyak orang dalam percobaan pertama'.

Zhang kuliah di Universitas Nankai pada 2005, yang pada awalnya mengambil jurusan mikroelektronik, sampai akhirnya beralih ke jurusan software engineering. Di universitas itu jugalah ia bertemu dengan dengan wanita yang kelak menjadi istrinya. Mereka tak mempunyai anak sampai saat ini.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3