Senin, 11 Nov 2019 08:09 WIB

Telepon via WhatsApp Dilarang di Negara Ini

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Irna Prihandini/detikINET Foto: Irna Prihandini/detikINET
Jakarta - WhatsApp memang dapat digunakan di Uni Emirat Arab untuk berkirim pesan. Akan tetapi, panggilan suara maupun video melalui aplikasi messaging itu kena blokir alias dilarang.

Alasannya tak banyak dijelaskan. Kabarnya karena layanan voice over internet protocol (VoIP) melanggar regulasi setempat dan terkait isu keamanan. Tak cuma WhatsApp, layanan lain semacam Skype dan Face Time juga dicekal.



Kebijakan itu juga menguntungkan operator lokal karena penduduk harus menelepon melalui layanan mereka. Akan tetapi belakangan, kemungkinan bakal ada perubahan aturan.

Mohamed Al Kuwaiti selaku Executive Director National Security Authority UEA menyebut bahwa negaranya semakin mempererat kerja sama dengan platform teknologi besar. Terutama dengan WhatsApp dalam urusan keamanan nasional.

"Kolaborasi dengan WhatsApp sebenarnya meningkat dan di banyak proyek itu kami melihat pemahaman yang sangat baik dari mereka tentang konsep kami," cetusnya, dikutip detikINET dari CNBC.

"Mungkin saja ada penghentian blokir voice call WhatsApp dan ini akan segera terjadi, inilah yang kami tahu dan pahami dari otoritas telekomunikasi di UEA," imbuhnya.

Dibukanya akses telepon WhatsApp dinilai akan menguntungkan bagi bisnis setempat dan juga mempermudah warga lokal.

"Banyak orang komplain soal itu. Banyak yang memakai WhatsApp call atau Skype di manapun di dunia dengan bebas kecuali di negara saya sendiri," kata Khalaf Al Hatboor, bos perusahaan manufaktur Al Hatboor.



"Saya meminta operator untuk membuka sistem sehingga setiap orang dapat menikmati layanan tersebut," cetus dia.

Simak Video "Duh! WhatsApp Hilang dari Play Store"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)