Minggu, 10 Nov 2019 18:42 WIB

Setahun Beroperasi, Bonceng Diminati 80 Ribu Driver

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Bonceng Foto: Bonceng
Jakarta - Ojek online (ojol) Bonceng pada 10 November 2019 ini berusia satu tahun, dan mereka mengklaim diminati oleh lebih dari 80 ribu calon driver di Jabodetabek yang mau mendaftar.

Dari 80 ribu calon driver itu, Bonceng mengaku baru bisa mengaktivasi 5000 driver. Sementara sisanya, menurut Bonceng, akan segera dikebut untuk meningkatkan ketersediaan driver di lapangan.

Jika nanti 80 ribu calon driver itu sudah beroperasi, Bonceng mengestimasi kalau mereka akan mempunyai market share sebesar 19% di DKI Jakarta. Bonceng, yang mengaku belum melakukan sosialisasi dan publikasi besar-besaran, juga mengklaim lebih dari 150 ribu orang sudah menginstal aplikasinya.

Meski begitu, pihak Bonceng tentu mawas diri dan tidak langsung mengincar untuk bersaing dengan dua pemain besar yang ada di pasaran, yaitu Grab dan Gojek.


"Mohon jangan dibandingkan dululah. Kita ini segalanya masih terbatas. Tim juga masih sekitar 20 org. Kalau dibandingkan dengan yang sudah mempekerjakan ribuan org, tidaklah apple to apple. Kita baru akan memulai, semua butuh waktu. Mohon bersabar," Ucap Faiz dalam keterangan yang diterima detikINET.

Soal suntikan dana, Bonceng mengaku baru saja mendapat dukungan dari Google dalam bentuk credit line sebesar Rp 5 miliar per bulan mulai November ini. Mereka pun tengah mengupayakan untuk masuk ke dalam ekosistem Facebook.

Mereka pun baru mendapat dukungan dari Appier, penyedia marketing artificial intelligence berbasis di Singapura, dan Adjust, penyedia tracking marketing decisions campaign yang berbasis di Jerman. Keduanya disebut akan membantu Bonceng untuk menggaet pengguna.

Selain di Jabodetabek, Bonceng juga saat ini mengaspal di sejumlah daerah lain. Yaitu Aceh, Batam, Banjarmasin, Manado, Bandung, Padang, Palembang, Semarang, Ambon, Madura, Labuan Bajo, Maumere, Kupang, Makassar, Solo, dan Palu.

Simak Video "Tolak Perubahan Insentif, Ratusan Driver Ojol di Kendari Mogok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)