Jumat, 08 Nov 2019 14:04 WIB

Seputar Calon Sarjana, Akun YouTube yang Kontennya Diduga Hasil Plagiat

Virgina Maulita Putri - detikInet
Seputar Calon Sarjana, Akun YouTube yang Kontennya Diduga Hasil Plagiat Foto: (Youtube) Seputar Calon Sarjana, Akun YouTube yang Kontennya Diduga Hasil Plagiat Foto: (Youtube)
Jakarta - Akun YouTube Calon Sarjana sedang menjadi perhatian publik. Pasalnya akun Twitter @JTonYouTube mengungkap bahwa Calon Sarjana mencuri konten miliknya tanpa memberikan kredit, bahkan menggunakan thumbnail video yang sama yang ditambahi emoji serta watermark.

Ekspose yang dilakukan JT terhadap Calon Sarjana tidak hanya lewat Twitter, tapi juga lewat video yang diunggah di channel YouTube-nya. Di situ JT menjelaskan semua bagian video, termasuk screenshot dan thumbnail, dicomot oleh Calon Sarjana dengan narasinya diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.


Begitu JT mengungkap kelakuan Calon Sarjana, netizen Twitter pun ramai-ramai menghujat. Bahkan komedian dan penulis Ernest Prakasa mengatakan tindakan Calon Sarjana memalukan satu negara.

Lalu, siapakah yang berada di balik Calon Sarjana? Bagaimana mereka bisa terlibat dalam masalah ini? Berikut fakta-fakta tentang akun YouTube Calon Sarjana yang dirangkum detikINET:

1. Memiliki 12 Juta Subscriber

Calon Sarjana pertama kali bergabung di YouTube pada 19 Januari 2016. Hanya 3 tahun setelah bergabung, mereka berhasil memiliki 12,4 juta subscriber.
Video-video yang diunggah Calon Sarjana, yang kebanyakan berupa clickbait, telah ditonton sebanyak 2,5 miliar kali. Rupanya mereka merupakan channel yang dikelola oleh grup Infia, yang juga mengelola beberapa akun media sosial seperti @Dagelan.

2. Memiliki Banyak Saudara

Calon Sarjana ternyata memiliki "saudara" lainnya yang masih berada dalam satu keluarga yang disebut "Sarjana Ghoib". Channel lainnya yang merupakan saudara Calon Sarjana antara lain Calon Sutradara, Calon Atlet, Calon Professor dan Calon Ilmuwan.

Sama seperti Calon Sarjana, channel-channel ini juga memiliki jumlah subscriber yang tidak sedikit. Sebut saja channel Calon Ilmuwan yang memiliki 2,43 juta subscriber.

3. Diekspos oleh JT

JT mengungkap kelakuan Calon Sarjana lewat cuitan di akun Twitter-nya, @JTonYouTube. Lewat cuitannya, JT mengatakan bahwa Calon Sarjana sebagai channel dengan 12,4 juta subscriber mencuri thumbnail dari kontennya tentang Parlophone Records. Padahal, JT dikenal sebagai YouTuber yang sering mengekspos keburukan dan hal-hal negatif dari YouTuber curang lainnya.


JT menjelaskan lebih lanjut tindakan tidak terpuji Calon Sarjana lewat video di channel-nya yang berjudul "YouTuber with 12 MILLION subs STEALS my video... (#1 Indonesian YouTuber)". Dalam video tersebut, JT mengungkap bahwa Calon Sarjana mencuri kontennya berupa thumbnail, video dan screenshot.

JT pun langsung mengajukan copyright strike karena hak ciptanya dilanggar kepada YouTube. Video contekan yang diunggah Calon Sarjana pun akhirnya dihapus dan mereka telah meminta maaf ke JT.

4. Dicibir Netizen

Sejak ekspose yang dilakukan JT, netizen Indonesia pun ikut mencibir tindakan Calon Sarjana. Beberapa netizen pun mengungkit kejadian sebelumnya di mana Calon Sarjana pernah mencuri konten dari YouTuber lainnya, bahkan dengan thumbnail yang sama, hanya dengan judul dan narasinya diganti ke bahasa Indonesia.


Kelakuan Calon Sarjana juga menarik perhatian komedian dan penulis Ernest Prakasa. Lewat akun Twitter-nya, @ernestprakasa mengatakan bahwa tindakan seperti ini memalukan satu negara. Ia sebagai kreator pun merasa emosi jika ada pencurian konten oleh korporasi untuk mengambil keuntungan.



5. Minta Maaf

Setelah mendapat copyright strike dari JT, Calon Sarjana langsung menghapus video yang telah mereka contek dari JT. Mereka juga langsung meminta maaf kepada JT lewat Twitter.

Tapi JT menekankan bahwa Calon Sarjana masih memiliki ratusan video yang dicomot dari kreator lain. Ia mengaku bahwa permintaan maaf ini hanya dilakukan Calon Sarjana karena mereka merasa terancam.

Calon Sarjana kemudian membuat permintaan maaf publik lewat akun Twitter mereka @CalonSarjanaa. Mereka mengaku kejadian ini murni kesalahan mereka karena lalai tidak mencantumkan sumber video dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan tersebut.



Simak Video "Ramai di Medsos, Konten YouTube Calon Sarjana Diduga Plagiat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)