Kamis, 31 Okt 2019 18:39 WIB

GoPay Latih Mitra Usaha Mikro Kelola Bisnis dan Keuangan

Angga Laraspati - detikInet
Foto: Dok. GoPay Foto: Dok. GoPay
Jakarta - GoPay membentuk Forum Pedagang Baik yang dirancang khusus untuk pengusaha mikro dalam mengembangkan bisnis dan keuangannya dengan teknologi. Lewat program ini, GoPay menargetkan dapat melatih ribuan rekan usaha mikronya di seluruh Indonesia.

Head of Micro Merchant GoPay, Dewi Yulianti Rosa mengatakan, penyusunan materi pada program ini dirancang berdasarkan pengalaman Gojek dalam memberdayakan jutaan mitra driver dan ratusan ribu mitra UMKM.

"Penyusunan materi yang dihadirkan untuk para pengusaha mikro dirancang berdasarkan pengalaman Gojek beserta ekosistemnya dalam memberdayakan jutaan mitra driver dan ratusan ribu mitra UMKM. Lewat pengalaman GoPay membantu 380.000 mitra UMKM dalam mengembangkan bisnisnya, kami sangat memahami pentingnya pendampingan langsung serta wadah yang guyub bagi para pelaku UMKM untuk belajar," tandas Dewi dalam keterangan tertulis, Kamis (31/10/2019).

"Mengenalkan metode transaksi nontunai saja tidak cukup, tapi harus diiringi dengan pemahaman mendalam mengenai teknologi digital agar dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi bisnis mereka," lanjutnya.


Melalui Forum Pedagang Baik, GoPay juga melatih para pengusaha mikro untuk mengatur keuangan serta bisnisnya di platform digital. Berdasarkan hasil survei yang diikuti oleh peserta Forum Pedagang Baik, lebih dari 90% merasa program ini telah membantu mereka dalam mencatat keuangan dan mengembangkan usahanya sehari-hari. Forum Pedagang Baik telah dilaksanakan di 7 lokasi di Indonesia dan memberikan pelatihan kepada ratusan mitra pengusaha mikro GoPay.

Dewi juga menambahkan, dalam menjalankan Forum Pedagang Baik, GoPay terus terbuka dan mengajak berbagai pemangku kepentingan lainnya untuk berkolaborasi.

"Berkaca dari pengalaman kami dan ekosistem Gojek secara keseluruhan, kami memahami pentingnya kolaborasi dalam menghasilkan dampak sosial yang lebih besar kepada masyarakat. Kami sangat terbuka dan mengajak berbagai pihak untuk bergotong royong meningkatkan perekonomian Indonesia dari piramida yang paling bawah," ujar Dewi.

Head of Project Management pada Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) Djauhari Sitorus menyampaikan, inisiatif dari GoPay ini adalah sebuah langkah yang mendukung inklusi keuangan dan penciptaan ekonomi digital di Indonesia

"Saya yakin pelaku usaha yang dibina dan dilatih GoPay akan merasa manfaatnya sangat besar,"ujarnya.

Menurut Djauhari, penyedia uang elektronik seperti GoPay juga dapat memperluas jangkauan layanannya kepada pelaku usaha di sektor lain, tidak hanya makanan dan minuman, namun juga membuka akses bagi UMKM menuju produk dan jasa keuangan lainnya. Edukasi keuangan adalah salah satu pilar dari Strategi Nasional Keuangan Inklusif yang diluncurkan pemerintah Indonesia pada 2016. Pelaku UMKM adalah salah satu kelompok yang diprioritaskan strategi tersebut.

Salah seorang pengusaha mikro, Widi yang telah menggunakan GoPay selama 8 bulan dan telah mengikuti Forum ini mengungkapkan bahwa dirinya merasa terbantu dengan adanya forum yang dilaksanakan tersebut.


"Saya merasa terbantu dengan diadakannya Forum Pedagang Baik ini karena saya bisa belajar bagaimana mengelola usaha kecil saya dengan memanfaatkan teknologi. Saya sekarang jadi lebih paham bahwa transaksi nontunai bukan sekadar metode pembayaran tapi juga bisa membantu saya untuk mengelola pendapatan dan memiliki pencatatan arus kas yang lebih baik," kata Widi.

Forum Pedagang Baik sendiri dilaksanakan di kantin dan pasar, dan GoPay selalu memastikan bahwa setiap pelatihan yang diberikan sesuai dengan karakteristik masing-masing lokasi dan kebutuhan para pedagangnya.

Sekadar diketahui, forum ini terinspirasi dari Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang dihadirkan Gojek untuk para mitra driver, pelatihan Gojek Wirausaha yang telah diberikan kepada ribuan pelaku UMKM di puluhan kota, dan Modul SiTaTa yang dapat diakses oleh jutaan anggota Arisan Mapan.

Forum Pedagang Baik memiliki pendamping dan dan materi yang terdiri dari tiga pilar yang dirancang khusus untuk para pengusaha mikro. Dalam pilar Baik Modal, GoPay tidak hanya menekankan pentingnya modal berupa materi, namun juga modal berupa soft skills seperti kemampuan dalam melayani pembeli sehingga pembeli bisa menjadi pelanggan.

Dalam pilar Baik Penjualan, GoPay berikan para pengusaha mikro pelatihan mengenai bagaimana cara mengelola bisnis yang baik. Sementara itu, dalam pilar Baik Keuangan, GoPay melatih para pengusaha mikro agar dapat mengatur keuangannya dengan baik, termasuk cara memanfaatkan transaksi nontunai serta aset digital mereka secara maksimal.

GoPay sendiri saat ini telah bermitra dengan 5.000 e-commerce, 20 layanan pembayaran, serta lebih dari 28 institusi keuangan.

GoPay Latih Mitra Usaha Mikro Kelola Bisnis dan Keuangan


Simak Video "Bayar SPP Pakai Gopay Jadi Kenyataan, Dapat Cashback?"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)