Selasa, 29 Okt 2019 17:42 WIB

Hari Internet Sedunia, Fitur TikTok Ini Bikin Pengguna Merasa Aman

Yakob Arfin - detikInet
Foto: Dok. TikTok Foto: Dok. TikTok
Jakarta - Mewarnai dunia maya atau internet, TikTok menampilkan diri sebagai aplikasi yang ceria. Berbagai ekspresi ditampilkan para pengguna lewat video berdurasi pendek selama 15-60 detik. TikTok pun dikenal sebagai tempat untuk berkreativitas dan berekspresi, sekaligus menjadi komunitas global bagi orang-orang yang mencari pengalaman yang menyenangkan.

Lantas, bagaimana TikTok menjaga keamanan bagi para penggunanya? Dalam rangka Hari Internet Sedunia yang diperingati setiap 29 Oktober di beberapa negara seperti Meksiko, Peru, Chile, Venezuela dan lainnya, TikTok berkomitmen menjadi platform yang sehat dengan menjamin keamanan bagi setiap penggunanya untuk tetap berkreasi.

Head of Public Policy TikTok Indonesia Donny Eryastha mengungkapkan TikTok berkomitmen dengan serius untuk menyediakan safety feature bagi penggunanya untuk mengatur sendiri mengenai akun pribadinya.


"TikTok berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi semua penggunanya, dan ini dilakukan melalui berbagai fitur dan teknologi yang dimiliki oleh TikTok," kata Donny dalam keterangan tertulis, Selasa (29/10/2019).

Dari segi keamanan, TikTok menyediakan fitur di mana pengguna memiliki kebebasan untuk mengatur sendiri mengenai akunnya, termasuk siapa yang bisa melihat postingannya, siapa yang dapat memberikan komentar atau memberikan pesan, hingga untuk memblokir akun atau komentar yang dirasa tidak pantas.

"Sementara dari segi teknologi, TikTok mendorong pengguna untuk ikut menjaga lingkungan TikTok agar tetap nyaman dan aman dengan bisa melaporkan akun atau postingan yang dirasa tidak pantas atau menyalahi Panduan Komunitas, dan tim moderasi kami akan segera melakukan tindakan," tambahnya.

Adanya serangkaian fitur tersebut dalam aplikasi TikTok, adalah untuk menjadikan platform yang sehat dan memberi ruang bagi kaum muda menunjukkan performa dan kreativitasnya.

Adapun untuk mendukung kreativitas pengguna, TikTok menyediakan fitur-fitur seperti special effect agar dapat menghasilkan video-video pendek yang menarik.

Selain itu TikTok juga menyediakan musik background dari artis terkemuka dengan berbagai kategori seperti DJ, dance, R&B, Western, Cute, KKC, Addict, Populer dan berbagai lagu lain yang mendukung terciptanya video yang menghibur dan menarik untuk dinikmati. Semua musik background dari artis terkemuka di TikTok juga sudah memiliki copyright.


Hal ini ditegaskan oleh Donny bahwa komitmen TikTok sebagai wadah berkreativitas, mendukung anak muda Indonesia untuk berkreasi.

"TikTok menyediakan wadah bagi siapa pun untuk mengekspresikan dirinya dan kreativitasnya, baik itu dengan konten komedi, musik, kuliner, pendidikan, dan masih banyak lagi," kata Donny.
Selanjutnya
Halaman
1 2