Selasa, 29 Okt 2019 12:53 WIB

Berkat GoFood, Penjualan Bakmi Alami Peningkatan 60% dalam 2 Minggu!

Angga Laraspati - detikInet
Foto: Dok. Gojek Foto: Dok. Gojek
Jakarta - GoFood terus berinovasi dalam teknologi untuk mempermudah mitra UMKM dan meningkatkan kualitasnya. Salah satunya adalah UMKM yang ada di Makassar yang telah merasakan dampak dari inovasi teknologi GoFood ini.

GoFood sukses mempertemukan konsumen dengan ribuan restoran dan pengusaha kuliner UMKM. GoFood juga sudah berkembang lebih dari sekadar layanan pesan-antar makanan, tapi juga menjadi katalog kuliner terlengkap bagi konsumen dengan lebih dari 12 juta pilihan menu yang ditawarkan oleh 400.000 merchant di Asia Tenggara.

Menurut penelitian Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) beberapa waktu lalu, GoFood telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian Indonesia pada 2018, yang berjumlah Rp 19 T. Hal ini dapat dikatakan sangat signifikan dikarenakan 96% mitra merchant dari GoFood adalah UMKM.

VP Regional Gojek Indonesia Bagian Timur, Anandita Danaatmadja mengatakan bahwa potensi pertumbuhan ini akan terus dimanfaatkan oleh GoFood.


"Potensi pertumbuhan ini akan terus dimanfaatkan GoFood untuk terus menghadirkan layanan yang bisa menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di saat yang bersamaan, kami akan terus memperkuat ekosistem teknologi agar bisa mengajak lebih banyak mitra merchant untuk tumbuh bersama GoFood," kata Anandita dalam keterangan tertulis, Jumat (25/10/2019).

Salah satu mitra GoFood yang ada di Makassar dan Pemilik Bakmi Chungkil Ryan mengatakan bahwa ia merasakan peningkatan dari segi pendapatan setelah bergabung dengan mitra GoFood.

"Waktu saya memulai Bakmi Chungkil, saya memulainya seorang diri loh. Sebagai usaha rumahan, saya jalankan promosi dari mulut ke mulut, ke keluarga dan kerabat terdekat saja. Lalu saya bergabung dengan GoFood dan menggunakan berbagai fitur GoBiz yang salah satunya dapat memungkinkan saya untuk membuat promo sendiri secara manual. Tak disangka, hanya dalam waktu dua minggu, saya merasakan kenaikan penjualan sebesar 60%," ujar Ryan.

GoFood membantu merchant dengan memberikan akses kepada konsumen melalui aplikasi Gojek dan juga membantu untuk menumbuhkan bisnisnya melalui aplikasi GoBiz. Merchant GoFood dapat mengetahui dari detail transaksi sehari-hari mereka, mengetahui menu yang paling laris hingga melakukan promo secara independen.

"Saya benar-benar takjub dan sangat merasakan manfaat dari GoBiz ini. Saya bisa mengetahui detail transaksi sehari-hari, mengubah menu, buka-tutup toko, hingga mengatur promo sendiri. Selain itu juga saya jadi tidak perlu banyak-banyak mengeluarkan uang untuk promosi secara masif karena kalau saya mengadakan promo akan keluar dengan sendirinya di tiles promo GoFood," ujar Ryan.


Aplikasi GoBiz yang terintegrasi dengan GoPay ini memiliki berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh merchant GoFood. Mitra GoFood dapat menyimpan hasil penjualannya di e-wallet GoPay yang akan secara otomatis menghitung dan mentransfer dana setiap harinya ke rekening bank pemilik outlet. Lalu, GoBiz juga memiliki fitur QR Code sehingga partner dapat menerima pembayaran GoPay pada outletnya.

Ryan yang telah merasakan manfaat dari inovasi ini pun merekomendasikan kepada rekan pengusahanya untuk bergabung dengan GoFood melalui GoBiz.

"Karena saya benar-benar merasakan sendiri manfaat GoBiz dan GoFood, saya sangat menganjurkan bagi pengusaha-pengusaha mikro seperti saya untuk bergabung GoFood melalui GoBiz," tutur Ryan.

Jika anda tertarik untuk menjadi mitra GoFood, silahkan langsung daftar di sini.

Simak Video "Tekan Pengeluaran Mitra Driver, Gojek Luncurkan Pojok Swadaya"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)