Kamis, 24 Okt 2019 17:25 WIB

70% Transaksi di OLX, Jual Beli Barang Tak Terpakai

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET
Jakarta - OLX dimulai 2005 dan sudah berdiri 14 tahun di Indonesia. Berdasarkan data, Agung Iskandar Director of Growth and Partnership OLX Indonesia menyebutkan, kebanyakan transaksi adalah jual beli barang tidak terpakai.

Di sela acara OLX #PusatnyaNgedeal, disebutkan bahwa rata-rata setiap bulannya, kurang lebih ada 20 juta pengguna aktif mengakses OLX. Jika dikalkulasikan, bisa mencapai 10% orang Indonesia yang mengunjungi.



"Ada 700 penjual rata-rata dalam satu bulan, 70% penjual ini adalah perorangan, maksudnya memang menjual bukan untuk keperluan bisnis tapi karena tidak lagi membutuhkannya, 30% sisanya penjual profesional. Kenapa unique? Di OLX tempat terbaik deal-deal terbaik," jelas Agung, Kamis (24/10/2019).

Rata-rata, OLX punya 3,9 juta iklan baru yang semua sifatnya fresh. Artinya, jika tidak menarik akan diturunkan. Hal ini membuat user selalu punya banyak pilihan barang yang akan berpotensi dibeli.

Agung menambahkan, barang yang paling banyak dicari adalah yang berkaitan dengan elektronik dan gadget, disusul kemudian dengan kategori mobil dan properti.

OLX: 70% Transaksi Jual Beli Barang Tak TerpakaiFoto: Aisyah Kamaliah/detikINET


"Rata-rata 7 bulan terakhir ada 900 ribu barang terjual. Kira-kira kalau diukur secara nominal seberapa besar? Rp 49 triliun per bulannya," lanjutnya.

Tak hanya barang tak terpakai, dari segi properti dan barang lainnya OLX juga bisa jadi barang penjualan. Misalnya mobil, ada kurang lebih 170 ribu iklan mobil yang masuk setiap bulannya di OLX dan yang laku mencapai 130 ribu.



"Toyota Avanza terjual dalam waktu cepat yakni bisa dalam 11 hari dengan harga rata-rata Rp 125 juta. Bisa dikalkulasikan nilai transaksi dari mobil mencapai Rp 16 triliun setiap bulannya," tutupnya.

Simak Video "OLX Ramaikan Ramadan dengan #BekasJadiBerkah"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)