Kamis, 24 Okt 2019 16:11 WIB

Wajah Baru OLX, Pakai AI untuk Tangkal Penjual Iseng

Aisyah Kamaliah - detikInet
Logo baru OLX. Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET Logo baru OLX. Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET
Jakarta - OLX tampil dengan wajah baru yang lebih segar. Ternyata tak hanya tampak luar saja, di dalamnya ada peningkatan security dengan AI dan Machine Learning.

"Tujuan kita bagaimana melayani customer lebih baik oleh karena itu perubahan berfokus pada kenyamanan yang ada di sisi customer. Kita selalu mengambil angle kesulitan apa yang dialami user dan kita memperbaikinya," Agung Iskandar Director of Growth and Partnership OLX Indonesia menjelaskan di acara OLX #PusatnyaNgedeal, di Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis (24/10/2019).



Karena itu muncul safety feature untuk penjual maupun calon pembeli agar terhindar dari hal yang membuat mereka tidak nyaman dan aman.

"Baik penjual atau pembeli kami informasi kalau mencoba menghubungi bisa, tips yang aman gimana, bahkan saat mulai ada chatting dan ada indikasi 'nakal'. Kita bantu informasi jauh harusnya seperti apa dengan fitur safety tips," sambungnya.

Wajah Baru OLX, Paka AI untuk Tangkal Penjual 'Iseng'Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET


AI dan machine learning ini juga punya fitur untuk menangkap pembeli atau penjual iseng yang menawarkan hal tak masuk akal.

"Dalam satu hari ada 130-190 ribu iklan yang masuk di OLX yang uniknya iklan ini kebanyakan serius tapi ada orang yang iseng. Ini salah satu yang unik ya tapi benar-benar nyata, ada orang yang putus cinta kemudian menjual mantannya di OLX," jelas Agung sembari tertawa kecil.

Selain itu, kini OLX juga menyediakan lebih banyak foto hingga 20 foto sehingga produk yang ingin dipasarkan seperti rumah atau mobil bisa lebih jelas bagi calon pembeli yang ingin melihat-lihat. Begitu juga dari segi chat, kini sudah ada fitur voice chat.



"Pengguna juga kini kami pastikan login, kita lakukan sistem setiap ada calon pembeli diminta login dulu jadi biar yang iseng-iseng ini ada halangannya. Di OLX kini kita kasih pilihan penjual untuk menampilkan nomor telepon atau tidak jadi bisa dihubungi dari chat saja, jadi bagi berapa orang yang lebih nyaman nggak share bisa teratasi di platform kita," tandasnya.

Simak Video "Jangan Salah! Tak Semua Artificial Intelligence Bisa Gantikan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)