Rabu, 23 Okt 2019 13:48 WIB

Dorong Gaya Hidup Ramah Lingkungan, GoFood Festival Dukung IDEFF 2019

Akfa Nasrulhak - detikInet
Foto: Gojek Foto: Gojek
Jakarta - GoFood Festival, jaringan pujasera UMKM di Indonesia yang merupakan bagian dari ekosistem Gojek, menjadi official venue partner bagi penyelenggaraan Indonesia Eco Film Festival (IDEFF). Kerja sama ini menandai komitmen Gojek #GoGreener yang memudahkan konsumen, mitra merchant, dan mitra driver dalam menjalani gaya hidup, bisnis dan operasional yang lebih ramah lingkungan.

"Kami sangat antusias memfasilitasi penyelenggaraan beberapa kegiatan IDEFF di GoFood Festival. Komitmen IDEFF dalam mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan juga sejalan dengan semangat Gojek selama ini melalui inisiatif #GoGreener, di mana GoFood menjadi layanan pertama yang mendorong gaya hidup ramah lingkungan bagi seluruh ekosistemnya, termasuk di GoFood Festival," ujar VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek, Rosel Lavina mengatakan dalam keterangan tertulis, Rabu (22/10/2019).

Sejak diluncurkan pada Agustus 2019, lanjut Rosel, inisiatif #GoGreener telah mengajak mitra merchant, mitra driver dan pelanggan setia GoFood untuk mengurangi sampah plastik melalui dua program utama. Pertama, fitur pilihan alat makan sekali pakai, di mana sebelum masuk ke halaman checkout, konsumen harus memilih opsi beli alat makan sekali pakai apabila diperlukan.


Selain itu, GoFood juga menyediakan tas pengantaran khusus untuk mitra driver. Istimewanya, tas tersebut dirancang dengan kompartemen yang lebih luas dan kualitas tinggi untuk menyimpan dan mengantar makanan, baik panas maupun dingin, dan tahan cipratan air. Bahkan, tas ini dapat dilipat, sehingga tetap fleksibel bagi mitra driver ketika mengantarkan penumpang.

Rosel menambahkan, hingga saat ini jumlah merchant GoFood yang ramah lingkungan dengan menawarkan fitur alat makan berbayar sudah 14 kali lebih banyak dibandingkan akhir Desember 2018. Menurut data internal Gojek, program #GoGreener telah menyelamatkan bumi dari sekitar 2.600 kg sampah alat makan plastik sepanjang tahun 2019 atau setara dengan sekitar 1.290 kali tinggi Tugu Monas.

GoFood Festival sebagai pusat kuliner satu tempat serba nikmat juga secara aktif mengajak pengunjung mengurangi sampah plastik dengan memberikan opsi pilihan alat makan berbayar ketika melakukan pemesanan online di seluruh lokasi GoFood Festival di beberapa titik di Indonesia. Sejak Januari-September 2019 tercatat sekitar 98% pelanggan memesan makanan secara online tanpa memilih alat makan sekali pakai dari merchant yang terdaftar di lokasi GoFood Festival.

Pada gelaran IDEFF 2019 di Setiabudi One, Kuningan, Jakarta pada 14-18 Oktober 2019, GoFood Festival melanjutkan inisiatif #GoGreener dengan menjadi official venue partner dan menayangkan empat pemutaran film bertemakan lingkungan.

"Sebagai community hub, kami ingin GoFood Festival bisa memfasilitasi lebih banyak kegiatan positif masyarakat/ komunitas serta organisasi/ instansi lainnya. Dengan fasilitas yang lengkap dan akses yang mudah dari pusat kegiatan masyarakat, GoFood Festival sudah memfasilitasi hampir 500 kegiatan komunitas hingga September 2019," ujar Rosel.

"Melalui gelaran IDEFF kali ini, kami juga berharap GoFood Festival dapat membantu untuk menginspirasi lebih banyak orang untuk menjalankan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan dan sekaligus mengurangi sampah plastik sekali pakai," imbuhnya.
Sementara itu, Festival Director IDEFF, Michael Arief Gunawan mengaku senang dapat berkolaborasi dengan Gojek melalui GoFood Festival yang memiliki semangat untuk membantu menjaga lingkungan hidup bersama. Kesamaan visi ini mendasari kerja sama antara Gojek dan IDEFF.


"Kami berharap melalui pesan dari berbagai film bertema lingkungan yang akan diputar di lokasi GoFood Festival Setiabudi One dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar. Dengan menghadirkan 4 dari total keseluruhan 13 film IDEFF, kami hadir melengkapi pengalaman pengunjung yang berburu kuliner sambil menikmati film-film yang berbeda setiap harinya. Melanjutkan upaya pengurangan sampah plastik dari Gojek, film-film IDEFF akan menceritakan industri yang ramah lingkungan dan sarat akan pesan moral," ujar Michael.

Sebagai informasi, GoFood Festival Setiabudi One, Jakarta menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk pemutaran film IDEFF karena berada di tengah-tengah pusat perkantoran Jakarta Selatan. Setidaknya, hampir 400 orang datang setiap harinya ke GoFood Festival Setiabudi One. Sambil menonton dan berdiskusi, pengunjung bisa menikmati sajian kuliner nikmat dari hingga 15 mitra merchant pilihan GoFood Festival, mulai dari makanan berat hingga cemilan dan dessert lengkap tersedia. (akn/ega)