Selasa, 22 Okt 2019 07:39 WIB

Jack Ma Pesimis Bisa Diterima Bekerja di Alibaba

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jack Ma. Foto: Reuters Jack Ma. Foto: Reuters
Jakarta - Jack Ma sukses membesarkan Alibaba menjadi raksasa e-commerce dunia. Namun ia merasa takkan diterima di Alibaba seandainya melamar pekerjaan di sana.

Tak cuma di Alibaba, Ma merasa ia dan para pendiri yang lain akan kesulitan menembus penyaringan lapangan kerja dari perusahaan besar lainnya.

"Orang seperti saya, hari ini, jika saya mencoba melamar pekerjaan di Alibaba, itu hampir mustahil," cetusnya seperti dikutip detikINET dari CNBC.


Menurutnya, itu karena perusahaan cenderung mementingkan nilai akademis, bukan pemikir out of box. "Orang menilai Anda dengan gelar. Mereka berpikir, wah kita dapat orang dari Harvard, dari Stanford, dan saya bukan dari mana-mana," papar dia.

Ma yang kurang baik prestasinya di sekolah menyebut ia kadang menjumpai orang dengan kemampuan tinggi, tapi ditolak dari pekerjaan yang bagus karena mereka tidak bagus performa akademiknya.

"Saya menemukan banyak entrepreneur yang seperti saya," tuturnya. Padahal menurut Ma, performa akademik menjadi semakin tidak relevan dalam zaman digital yang berkembang cepat.

"Dalam era industri, kalian harus mengingat lebih cepat, lebih banyak, dan mengkalkulasi lebih cepat. Itu adalah sesuatu yang bisa dilakukan mesin jauh lebih baik dari kalian," tandasnya.

Simak Video "Tuai Kritikan, Jack Ma Jelaskan Soal Sistem Kerja ''996''"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)