Sabtu, 19 Okt 2019 11:22 WIB

Cara Membuat BJ Habibie 'Hidup Abadi'

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Foto: Instagram @b.jhabibie Foto: Instagram @b.jhabibie
FOKUS BERITA Warisan Eyang Habibie
Jakarta - Presiden ketiga RI, BJ Habibie adalah bapak teknologi Indonesia. Dia diabadikan semangatnya lewat sebuah festival untuk mengajak segenap bangsa terus berinovasi.

Caranya adalah dengan Orbit Habibie Festival yang digelar di JI Expo Kemayoran Jakarta. Hari Sabtu (19/10/2019) adalah hari yang begitu spesial di sana. Cocok banget kalau semua orang pergi ke festival itu untuk mengenang Habibie.


"Sabtu adalah hari khusus dimana kita dedikasikan kepada bapak. In Memoriam BJ Habibie, banyak acara didedikasikan untuk bapak. Tiketnya Rp 10 ribu/orang, jadi terjangkau," kata Ilham Akbar Habibie founder Orbit Habibie Festival 2019, dalam wawancara khusus dengan detikcom di kantornya.

Sudah 7 kali keluarga Habibie mengadakan Habibie Festival. Yang pertama adalah tahun 2016 menyambut ulang tahun ke-80, dan digelar di Museum Nasional. Acaranya sukses luar biasa dengan 54 ribu pengunjung.

Cara Membuat BJ Habibie 'Hidup Abadi'Foto virtual dengan BJ Habibie di festival (detikINET/Agus Tri Haryanto)

"Karena sukses dan animo masyarakat tinggi untuk melihat pandangan masa depan kita, bapak minta ini dibikin jadi acara tahunan," kata Ilham.

Tahun 2017 acara ini digelar di JIExpo Kemayoran dengan 70 ribu pengunjung, Tahun 2018 ada 90 ribu lebih pengunjung, lalu sempat juga digelar di Bandung, Batam dan Solo. Tahun ini kembali fokus di Jakarta dengan harapan pengunjungnya lebih banyak lagi.


Dalam Orbit Habibie Festival, masyarakat bisa melihat dunia masa depan Indonesia. Ini adalah visi dari mendiang BJ Habibie, dimana dia ingin rakyat Indonesia terbuka matanya melihat kemajuan teknologi.

"Masa depan dari belajar, masa depan dari bekerja, masa depan dari bermain. Dalam arti luar bukan main game. Tapi apa yang kita lakukan pada waktu luang kita dan masa depan kehidupan pada umumnya," kata Ilham.

Cara Membuat BJ Habibie 'Hidup Abadi'Suasana festival (Agus Tri Haryanto/detikInet)

Sesuai dengan impian BJ Habibie, festival ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk lebih mudah mengerti bocoran dari dunia masa depan. Habibie tidak ingin rakyat Indonesia jadi penonton saja di masa depan tapi menjadi pemain dalam kemajuan teknologi masa depan.

"Inovasi butuh triger. Kita sebagai bangsa dan negara mesti punya mindset entrepreneur, inovatid, mengerti memakai teknologi dan industrialiasi. Kita sudah on the way, tapi butuh gambaran dan tujuannya apa sih," pungkas Ilham.

Warisan BJ Habibie untuk bangsa Indonesia adalah sebuah semangat, untuk memeluk teknologi, belajar dan berinovasi dalam aneka bidang. Semangat Habibie akan abadi dalam sikap mental dan pola pikir anak bangsa yang ingin menjadi pemain dalam masa depan teknologi Indonesia.

Cara Membuat BJ Habibie 'Hidup Abadi'Simulator pesawat R89 rancangan Habibie (detikINET/Agus Tri Haryanto)


Simak Video "Bikin Best Nine Instagram Sendiri Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)
FOKUS BERITA Warisan Eyang Habibie