Kamis, 17 Okt 2019 20:22 WIB

Pengin Selfie Bareng BJ Habibie? Begini Caranya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
FOKUS BERITA Warisan Eyang Habibie
Jakarta - Meski BJ Habibie telah berpulang pada 11 September lalu, kalian masih bisa selfie alias swafoto dengan Presiden RI ke-3 itu. Caranya tentu dengan sentuhan teknologi.

Bukan foto Habibie yang sebenarnya, melainkan hasil dari teknologi Augmented Reality (AR) yang diciptakan oleh perusahaan bernama Digital Avatar (DAV) WIR. Mereka 'menghadirkan' Habibie melalui aplikasi miliknya, HabibieAR.

Denis Setiawan dari DAV WIR mengatakan, aplikasi tersebut sengaja dibuat perusahaannya untuk menyambut event Orbit Habibie Festival di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Pengin Selfie Baren BJ Habibie? Begini CaranyaFoto: detikINET/Agus Tri Haryanto


"Aplikasi ini khusus untuk event hari ini. Kita buat sekitar 2-3 minggu yang lalu," ucapnya, Kamis (17/10/2019).

Dengan berat aplikasi yang mencapai 31MB itu, karakter Habibie yang ditampilkan hanya satu macam, yakni dengan gestur melambaikan tangan.

Sayangnya, aplikasi HabibieAR yang sudah tersedia di Play Store ini perlu adanya kode khusus alias QR code agar Habibie tersebut muncul di dalam layar ponsel kalian.

Pengin Selfie Baren BJ Habibie? Begini CaranyaFoto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Kekurangan lainnya, tidak ada fitur yang memungkinkan pengguna untuk memamerkan hasil jepretan dengan mendiang bapak teknologi ini ke media sosial. Terkait hal itu, Denis mengatakan, itu bisa dikembangkan oleh para engineer.

Simak Video "Habibie akan Terus Hidup di Layar Lebar"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)
FOKUS BERITA Warisan Eyang Habibie