Rabu, 16 Okt 2019 17:50 WIB

Facebook Beberkan Kontribusi ke Pemerintah Indonesia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kantor Facebook. Foto: GettyImages Kantor Facebook. Foto: GettyImages
Jakarta - Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Rubben Hatari, mengklaim bahwa kontribusi Facebook dan 'keluarganya' cukup besar bagi otoritas di Indonesia, salah satunya memberi pelatihan dari sektor pemerintahan.

Ia menyebut platform Facebook dipakai masif oleh pemerintahan. "Yang pertama mempermudah untuk menjangkau masyarakat, jadi bagaimana mereka bisa menyampaikan message-message mereka ke masyarakat," ujar Rubben Hatari di sela acara Facebook Indonesia Summit 2019, di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Selanjutnya adalah memahami sentimen yang ada di masyarakat. Misalnya aspirasi yang ingin diserap pemerintah dari warga. Jadi misalnya ada keluhan, masukan dan kritik bisa melalui platform Facebook.


"88% mereka menggunakannya untuk menjawab masukan-masukan, interaksi bisa lebih cepat di platform kami. Kalau dulu lewat help center sekarang bisa lewat chat dan langsung dibalas secara cepat," katanya.

Direktorat Jendral Imigrasi adalah salah satu contohnya. Mereka mengaku sering menggunakan platform Facebook untuk berbagai keperluan.

"Dan yang kami temukan aplikasi Facebook membantu meningkatkan jumlah masyarakat yang bisa dilayani setiap harinya. Paling sedikit 70 pesan yang dibalas setiap hari, tapi balik lagi tergantung musimnya, ini angka ini bisa meningkat drastis," sebutnya.



Simak Video "Instagram Cs Pandu Orang Tua agar Melek Media Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)