Selasa, 15 Okt 2019 21:30 WIB

Ini Alasan Jangan Bawa Ponsel ke Tempat Tidur

Aisyah Kamaliah - detikInet
Ilustrasi tidur bawa ponsel ke kasur. Foto: iStock Ilustrasi tidur bawa ponsel ke kasur. Foto: iStock
Jakarta - Ada yang sering tidur membawa ponsel ke kasur? Sebaiknya dihindari atau setidaknya diminimalisir demi kesehatan.

Dikutip detikINET dari Health dan beberapa sumber lainnya, ada beberapa alasan yang membuat pengguna harus belajar menjauhi ponsel saat tidur.


1. Bikin susah tidur

Ponsel, tablet, TV, dan gadget lain dengan layar LED mengeluarkan apa yang dikenal sebagai cahaya biru atau blue light. Ini jenis yang menurut penelitian dapat menghambat produksi hormon melatonin yang merangsang tidur dan mengganggu ritme sirkadian atau jam tidur kita.

Memang ada beberapa model ponsel yang punya filter blue light atau bisa menggunakan aplikasi tertentu. Namun efektivitasnya kadang masih diperdebatkan

2. Demi kesehatan bayi

Belum ada penelitian yang membuktikan penggunaan ponsel menyebabkan kanker. Akan tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pernah memperingatkan pada 2011 bahwa penggunaannya mungkin karsinogen bagi manusia, terutama pada anak-anak. Hal itu lantaran kulit kepala dan tengkoraknya lebih tipis daripada orang dewasa, dan lebih rentan terhadap radiasi. Jadi, lebih baik jauhkan smartphone dari anak bayi.

3. Awas tangannya

Dr Roger Powell, ahli bedah ortopedi menuturkan kepada TOI Health bahwa ia mengalami peningkatan keluhan dari pasien terkait masalah tangan dan siku dari 10 tahun belakangan. "Kebanyakan melaporkan sakit atau mati rasa di tangan terutama di jari manis dan jari kelingking," cetusnya. Tidur dengan posisi memegang smartphone membuat jari bisa-bisa mengalami kekakuan. Karenanya sebaiknya dihindari.


4. Memperparah FOMO

Fear of missing out atau FOMO bisa makin parah dengan membawa ponsel ke tempat tidur. FOMO adalah ketakutan kehilangan informasi. Hal itu membuat waktu yang berharga untuk istirahat menjadi terganggu dengan membuka terus media sosial, mengakses website dan segala macam. Maka agar tak tergoda, ada baiknya untuk tidak memegang ponsel di kasur apalagi saat mau tidur.

Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)