Selasa, 15 Okt 2019 18:53 WIB

Sinergi DANA-JNE Dukung Akselerasi Ekonomi Digital Indonesia

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Foto: Alfi Kholisdinuka Foto: Alfi Kholisdinuka
Jakarta - Logistik semakin menunjukkan peran pentingnya dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital. Selain peran logistik yang kritikal, fenomena menarik di era perdagangan digital adalah keberadaan infrastruktur pembayaran digital.

Menilik hal ini, Dompet Digital DANA melakukan sinergi dengan penyedia jasa layanan logistik JNE untuk mendorong peningkatan pemberdayaan pelaku ekonomi dari berbagai skala dan segmentasi. Ini dilakukannya untuk mendukung dan mempercepat akselerasi ekonomi digital Indonesia.

Chief Executive Officer DANA Vincent Iswara, mengatakan pembayaran dan logistik merupakan tulang punggung perekonomian di Indonesia, termasuk di industri perdagangan digital atau e-commerce. Bukan hanya dibutuhkan untuk mendukung proses bisnis skala besar, keduanya juga dibutuhkan oleh para pelaku ekonomi kecil.


"Sayangnya, baik pembayaran maupun logistik masih menjadi tantangan di industri e-commerce, mengingat luasnya geografis lndonesia. Maka dari itu, kolaborasi antara teknologi pembayaran digital dan logistik menjadi salah satu solusi yang sangat baik untuk membantu mengatasi tantangan tersebut," ujar Vincent di Capital Place, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

"Selain menghadirkan proses transaksi yang makin mudah, praktis, dan terjamin keamanannya bagi pelanggan dan pelaku usaha, kemitraan antara penyedia infrastruktur pembayaran digital seperti DANA dengan penyedia jasa layanan logistik juga membuka peluang untuk terus meningkatkan kontribusi kami dalam mendukung laju pertumbuhan perekonomian nasional yang kian bertumpu pada ekonomi digital," imbuhnya.

Menurut Vincent, kemitraan dengan JNE juga menjadikan DANA sebagai perusahaan teknologi yang mampu secara konsisten menghadirkan pengalaman-pengalaman bertransaksi digital yang kian beragam kepada masyarakat luas. Ini selaras dengan keseriusan DANA membangun kepercayaan masyarakat terhadap keunggulan dan keamanan bertransaksi nontunai dan nonkartu secara digital melalui fitur-fitur pada dompet digital DANA.

"Kolaborasi ini juga memiliki relevansi yang tinggi apabila mengacu kepada survei kami tentang tingginya penggunaan dompet digital untuk mendukung transaksi di platform e-commerce, serta keberadaan logistik sebagai mata rantai yang kritikal dalam mendukung layanan e-commerce," terangnya.

Survei internal dilakukan oleh DANA pada Mei hingga Juli 2019 di empat kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta. Dari survei tersebut ditemukan mayoritas responden sudah menggunakan dompet digital dan sudah pernah berbelanja di e-commerce.

Survei penggunaan dompet digital yang dilakukan terhadap 757 orang responden di keempat kota tersebut menunjukkan jumlah pengguna dompet digital terbesar terdapat di Bandung (69,49%), diikuti Jakarta (65,9%), Yogyakarta (63,8%), dan Surabaya (37,5%). Sementara dari 1.046 orang responden. Adapun jumlah pengguna layanan e-commerce terbesar ada di Bandung (85,9%), diikuti Jakarta (82,8%), Yogyakarta (81,3%). dan Surabaya (76,9%).

Sementara itu, Presiden Direktur JNE, M. Feriadi mengatakan kolaborasi JNE dengan DANA menghasilkan pembayaran cashless bagi semua pelanggan setiap JNE di seluruh nusantara. Manfaat dan kemudahan yang dihadirkan dengan sistem pembayaran ini akan mempercepat proses transaksi dalam proses pengiriman paket dan jual beli online.

"Jadi, hal ini akan mendorong perkembangan e-commerce karena mendukung bisnis para pelaku usaha, terutama UKM," sebutnya.

Feriadi menambahkan sebagai pilar logistik yang berperan dalam ekosistem e-commerce, JNE berkomitmen untuk terus berinovasi. Kapabilitas yang terus ditingkatkan, terutama dalam IT dan infrastruktur, memungkinkan JNE menunjang maupun bekerja sama dengan pihak-pihak dalam dua pilar lainnya, yaitu Teknologi Finansial dan Online Platform.


Melalui kolaborasi DANA dan JNE, dompet digital DANA akan menjadi salah satu infrastruktur pembayaran digital yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan JNE atau pelanggan e-commerce atau toko online maupun beragam marketplace yang telah menggandeng JNE sebagai pendukung layanan ekspedisinya.

Bagi pelaku usaha kreatif berskala UMKM yang selama ini melakukan kegiatan pemasaran mandiri dan tidak tergabung dengan marketplace, dapat memanfaatkan sinergi DANA dan JNE ini untuk meningkatkan kualitas layanan dan kompetensinya. (akn/akn)