Sabtu, 12 Okt 2019 20:17 WIB

Rakyat AS Harus Kerja Jutaan Tahun Buat Samai Harta Jeff Bezos

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jeff Bezos. Foto: Reuters Jeff Bezos. Foto: Reuters
Jakarta - Begitu kayanya Jeff Bezos, orang paling berduit di dunia saat ini, sehingga selisih hartanya dengan rata-rata orang Amerika Serikat bak bumi dan langit.

Dikutip detikINET dari Quartz, rata-rata pendapatan tahunan rakyat AS pada tahun 2018 adalah USD 46.800. Untuk mencapai kekayaan USD 1 miliar saja, mereka butuh waktu lebih dari 21 ribu tahun. Itu adalah jangka waktu manusia berkembang dari gua hingga ke peradaban saat ini.

Waktu kerja yang tak masuk akal itu belum ada apa-apanya jika melihat harta Jeff Bezos yang kaya berkat sukses raksasa e-commerce Amazon. Hitung-hitungan ini masih berdasarkan asumsi duit Bezos USD 130 miliar atau sebelum dia bercerai.


Bagi rata-rata karyawan di AS dengan gaji tersebut di atas, dibutuhkan hampir 2,8 juta tahun untuk menyamai duit Bezos itu. Bahkan masih dengan asumsi gaji mereka utuh, tidak dibelanjakan untuk apapun.

Dan tidak semua karyawan AS beruntung mendapat gaji rata-rata. Amazon sendiri memberi gaji minimum USD 15 per jam buat pegawainya. Artinya, pegawai Amazon pendapatan terendahnya USD 31.200 per tahun.

Untuk mencapai jumlah duit sang bos Jeff Bezos, mereka perlu bekerja selama 4,15 miliar tahun. Hal ini menggambarkan kesenjangan tinggi di Amerika Serikat.

"Kemakmuran semakin terkonsentrasi di sedikit orang karena akses yang tidak seimbang dalam kesempatan pendidikan yang penting untuk promosi sosial, belum lagi kemudahan pajak bagi orang-orang kaya," sebut media Quartz.



Simak Video "Dipatok Harga Selangit, Leica Tegaskan Kualitas Kameranya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)