Kamis, 10 Okt 2019 22:40 WIB

Bill Gates Bilang Punya 2 'Kekuatan Super', Apa Itu?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bill Gates. Foto: Reuters Bill Gates. Foto: Reuters
Jakarta - Apa 'kekuatan super' yang paling dibanggakan oleh Bill Gates? Ternyata bukan kehebatannya mengumpulkan duit hingga langganan jadi orang terkaya di dunia.

"Optimisme tentang inovasi ilmiah dan mampu mengumpulkan tim," sebut Gates dalam wawancara dengan Forbes yang dikutip detikINET.

Optimisme membuatnya bersabar saat ingin mencapai sesuatu dengan tim yang dibentuknya. Hal itu berlaku saat masih di Microsoft maupun saat berkecimpung di dunia amal sampai sekarang.


"Pengalaman saya di Microsoft adalah membentuk tim engineer dan memahami mana yang on track ana yang tidak, bersabar untuk sesuatu yang biasanya butuh waktu 5 sampai 6 tahun," paparnya.

Di jagat kesehatan yang banyak menjadi perhatian yayasan Bill & Melinda Gates Foundation, waktunya bisa jauh lebih lama. Misalnya vaksin HIV membutuhkan waktu 25 tahun sampai siap dipakai.

Selain optimisme dan tim yang mumpuni, Gates juga menyinggung sumber dayanya yang besar sehingga bisa memasang target ambisius, misalnya dalam pemberantasan polio. Sumber daya dimaksud apalagi kalau bukan dukungan uang.

Bill & Melinda Gates Foundation kabarnya punya uang sampai USD 46 miliar. Selain berasal dari kocek Gates, ada juga para pendonor super kaya, contohnya sang sahabat, Warren Buffet.



Simak Video "Otak Genius Bill Gates Layaknya ''Multiprocessor''"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)