Senin, 07 Okt 2019 12:34 WIB

Tim Cook Kenang Steve Jobs Lewat Postingan Twitter

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Justin Sullivan/Getty Images Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta - Delapan tahun lalu, tepatnya pada 5 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal dunia karena kanker pankreas. CEO Apple Tim Cook mengenang kematinan pendahulunya itu lewat sebuah kicauan di akun Twitternya.

Dalam kicauan itu, Cook memposting sebuah pernyataan dari salah satu pendiri Apple itu. Pernyataan itu berbunyi, "Sumber daya paling berharga yang kita punya adalah waktu".


Cook juga menulis 'akan selalu mengingatmu' dalam kicauan yang juga berisi sebuah foto Jobs di dalamnya. Dalam foto tersebut Jobs terlihat berpose di bawah logo Apple di Apple Store yang ada di New York City, Amerika Serikat.

Sehari sebelum Jobs meninggal, Apple baru merilis iPhone 4s, perangkat Apple pertama yang mempunyai Siri di dalamnya. Banyak hal yang terjadi di Apple pascakematian Jobs, yang posisinya digantikan oleh Cook sejak Agustus 2011.


Peralihan kekuasaan Apple dari Jobs ke Cook sebenarnya bukan cuma terjadi sekali, melainkan dua kali. Yang pertama terjadi pada 15 Januari 2009 saat Jobs perlu absen selama setengah tahun. Sementara yang kedua adalah Agustus 2011, saat Jobs benar-benar meninggalkan Apple karena kondisi kesehatannya yang terus menurun.

Banyak yang menganggap Apple tak lagi menjadi perusahaan yang inovatif sejak puncak kepemimpinannya diambil alih oleh Cook. Namun sebenarnya Cook juga mempunyai sejumlah pencapaian di Apple, seperti saat jumlah pengapalan perangkat mencapai puncaknya pada 2015.

Saat itu pula Cook membelokkan fokus Apple, tepatnya saat ia menyadari para konsumennya tak lagi memperbarui perangkatnya setiap tahun. Hal itulah yang membuatnya menyeriusi sektor lain, yaitu bisnis layanan berbayar seperti Apple Music, Apple Arcade, Apple TV+, dan lainnya.

Selama Cook memimpin Apple, ukuran iPhone meningkat dari 3,5 inch menjadi 6,5 inch. Jumlah iPhone yang dirilis setiap tahunnya pun meningkat dari satu menjadi tiga. Begitu juga kemunculan jenis iPad baru, yaitu iPad Pro, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (7/10/2019).

Simak Video "Tim Cook ke Donald Trump: Sakiti Apple, Untungkan Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)