Senin, 07 Okt 2019 07:48 WIB

Bos Apple Cemooh Facebook Libra

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - CEO Apple Tim Cook angkat bicara soal proyek blockchain Libra milik Facebook. Cook menyebut usaha mencari kekuasaan yang terang-terangan.

Pernyataan ini dilontarkan Cook saat ia ditanya kemungkinan apakah Apple bakal meluncurkan mata uang digitalnya sendiri, utamanya setelah sejumlah investasi Apple di dompet digital, pembayaran mobile, dan peluncuran kartu kredit Apple Card.

"Tidak. Saya pikir mata uang seharusnya dipegang oleh negara. Saya tak nyaman dengan ide mengenai grup privat ikut berkompetisi dalam mata uang," ujar Cook dalam wawancara tersebut.

"Perusahaan privat seharusnya tidak mencari kekuasaan dengan cara ini," tambahnya.


Pernyataan ini dilontarkan tak lama setelah PayPal mengumumkan keluar dari Libra Association, sebuah lembaga nonprofit -- termasuk Facebook di dalamnya -- yang dibentuk untuk mengawasi pembuatan mata uang digital Libra.

Meski antara pernyataan Cook dan keluarnya PayPal ini tak berkaitan, tak bisa dipungkiri dengan hengkangnya PayPal ini bakal menjadi masalah besar bagi pengembangan Libra, terutama dengan prospek perizinan mata uang digital tersebut.

Komentar Cook terhadap Libra ini terbilang menarik, tak cuma karena diarahkan ke Facebook, yang sebelumnya juga sudah sering diserang Apple terkait masalah privasi pengguna, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (6/10/2019).


Facebook sendiri 'mendandani' Libra sebagai sebuah jalan untuk membangun teknologi blockchain generasi terbaru, dan diharapkan bisa membantu orang-orang di negara berkembang agar bisa mengakses layanan perbankan.

Jika Libra berhasil, maka bisa dipastikan Facebook semakin mempunyai peran di kehidupan sehari-hari miliaran orang di seluruh dunia, karena mata uang digitalnya bisa dipakai untuk berbelanja, menabung, dan mengirimkan uang ke negara-negara lain. Hal inilah yang disebut Cook sebagai perebutan kekuasaan.



Bos Apple Cemooh Facebook Libra


Simak Video "Tandingi Apple TV, Facebook Bakal Bikin Streaming TV"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)