Aplikasi Ini Bantu Deteksi Penyakit Mata

Aplikasi Ini Bantu Deteksi Penyakit Mata

Josina - detikInet
Jumat, 04 Okt 2019 08:03 WIB
Ilustrasi. (Foto: GettyImages/Matt Cardy)
Jakarta - Para peneliti saat ini sedang mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat mendeteksi sebuah penyakit mata dengan tangkapan foto dari aplikasi smartphone.

Dilansir detikINET dari Engadget, Jum'at (4/10/2109) aplikasi tersebut bernama CRADLE (Computer Assisted Detector of Leukoria). Aplikasi ini menggunakan pembelajaran mesin guna mencari tanda-tanda 'mata putih' awal dari penyakit hanya dengan melalui sebuah foto.

Aplikasi ini nantinya bisa mendeteksi beberapa kemungkinan penyakit mata seperti retinoblastoma atau kanker mata, katarak, dan kondisi lainnya.


Aplikasi ini telah diuji dengan mencoba 53 ribu foto dari 40 anak-anak, di mana foto setengahnya memiliki penyakit mata. Dari ribuan foto tersebut aplikasi yang juga dibenamkan sistem kecerdasan buatan telah menemukan 16 kasus yang rata-rata telah menderita sebelum mendapatkan diagnosa dokter.

Aplikasi Ini Bantu Deteksi Penyakit MataFoto: CRADLE


Aplikasi ini tak memandang usia, seperti yang dicatat oleh IEEE Spectrum. Meski memang dimaksimalkan untuk anak-anak, tidak menutup kemungkinan untuk para dewasa dapat menggunakan CRADLE ini.

CRADLE sudah tersedia di Google Play Store dan iOS secara gratis. Meski demikian pengembang dari aplikasi ini mengingatkan kepada pengguna untuk tetap pergi ke dokter spesialis untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti dan pengobatan.

Simak Video "Cukup Selfie, Aplikasi Ini Bisa Deteksi Kesehatan "
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)