Kamis, 03 Okt 2019 16:59 WIB

Tentang Carousell, Cara Login hingga Tips Berjualan

Lusiana Mustinda - detikInet
Carousell. Foto: Istimewa Carousell. Foto: Istimewa
Jakarta - Aplikasi jual beli barang ini terbilang mudah. Banyak yang memanfaatkannya untuk menjual barang-barang baru dan pre-loved. Nah, apa sih Carousell itu dan bagaimana cara penggunaannya?

Carousell adalah komunitas terbuka di mana semua anggotanya memiliki kebebasan untuk bertransaksi sebagaimana mereka merasa nyaman. Kamu bisa dengan mudah mengunggah foto jualan dan melakukan jual beli online. Dengan aplikasi ini, tentunya barang dagangan kamu akan terjual tanpa harus repot.



Dirangkum oleh detikInet, ini seputar Carousell yang perlu kamu tahu:

1. Asal Singapura

Berasal dari Singapura. Carousell didirikan sejak 14 Mei 2012 oleh Quek Siu Rui, Lucas Ngoo dan Marcus Tan. Berkantor pusat di Singapura, Carousell juga beroperasi di beberapa negara lain seperti Malaysia, Indonesia, Taiwan, Hong Kong, Australia dan Filipina.

2. Carousell Indonesia

Di pasar Indonesia, Carousell lebih gencar mengadakan kegiatan offline meliputi meliputi workshop, bazar hingga meet-up untuk meraih awareness terhadap layanan jual beli barang pre-loved yang mereka sediakan.

Aplikasi Carousell.Aplikasi Carousell. Foto: Istimewa

3. Layanan Carousell

Sama seperti kompetitornya yakni Shoppee, Lazada hingga Q0010. Carousell juga menyediakan layanan jasa jual beli berbagai kategori seperti fesyen wanita, fesyen pria, kesehatan dan kecantikan, elektronik, telepon dan seluler, buku dan alat tulis hingga bayi dan anak.

4. Login Carousell

Carousell Singapore ataupun Indonesia sama-sama dapat diakses melalui website ataupun mobile. Untuk mulai berjualan, kamu harus membuat akun terlebih dulu di id.carousell.com atau bisa download Carousell dari Play Store untuk android. Setelah itu baru klik tombol log in untuk mulai membeli barang ataupun upload foto untuk barang dagangan kamu.

5. Tips Berjualan di Carousell

Di Indonesia, Carousell lebih banyak diincar untuk mencari barang-barang pre-loved dengan kualitas baik dan harga miring. Tak hanya membeli, kamu juga dapat menjual barang-barang yang sudah tak terpakai di aplikasi ini.

Dikutip dari Carousell Help Centre, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat ingin berjualan di sini. Apa saja?

- Ambil foto barang dengan cantik

- Beri penamaan yang menarik pada barang kamu dan iklankan mereka dalam kategori yang benar. Hal ini dilakukan agar memudahkan pembeli mencari barang yang kamu jual. Berikan merek, deskripsi barang kamu, persyaratan, dll. Hindari memberi nama iklanmu dengan judul seperti "pakaian", atau bahkan "gaun hitam". Mungkin butuh waktu lebih lama untuk menyebutkan barangnya, tapi kamu akan bisa menjualnya lebih cepat.

- Tetapkan harga realistis. Lakukan riset terlebih dulu dengan mencari barang serupa di Carousell dan lihat bagaimana orang lain menentukan harga mereka.

- Bagikan iklan kamu ke sosial media lain. Bagikan profil Carousell dan iklan barang kamu di Instagram, Facebook, dan Twitter. Teman dekat kamu dan follower kamu adalah kelompok orang yang paling mungkin berbelanja barang-barang jualanmu.







Simak Video "Breathe and Feel alive In Auckland"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)