Rabu, 02 Okt 2019 19:28 WIB

Jualan Online, Mulai di e-Commerce atau Medsos?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Bingung mau mulai jualan online di e-commerce atau media sosial (medsos)? Mungkin kalian bisa menimbang-nimbang pilihannya.

Smita Sjahputri, Senior Analyst firma riset Provetics mengatakan, berjualan kini tidak harus di toko 'fisik' melainkan bisa dengan menjajakannya di toko online.



"Kalau kita lihat 4-5 tahun terakhir, orang mikir harus ada barang fisik, harus lihat barangnya dulu. Tapi setelah ada e-commerce, medsos, sangat memfasilitasi, mengurangi hambatan. Mulai dari orang dikenal, lama-lama ada 'word of mouth marketing', tapi intinya toko fisiknya jadi nggak relevan," ujarnya di Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Smita pun mencontohkan departement store yang mulai tutup dan berpindah ke e-commerce. Selain itu, survei dari Paxel Buy & Send Insights bekerja sama dengan Provetics, menemukan hampir 50% dari responden pemula adalah pemain di medsos.

Ia menyarankan, jika seseorang memutuskan untuk berjualan, maka yang pertama dilakukan adalah beranikan diri saja dulu. Lakukan dengan berjualan dari orang-orang terdekat misalnya, adalah langkah awal yang bisa lakukan.



"Secara ekosistem kita sudah siap, dulu tidak ada e-commerce sekarang ada, kalaupun tidak mau pakai e-commerce lewat medsos pun sekarang bisa," kata Smita.

Simak Video "Pos Indonesia Bebenah untuk Masuk Pasar E-Commerce Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)