Minggu, 29 Sep 2019 21:52 WIB

Pengguna Windows 10 Tembus 900 Juta

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Drew Angerer/Getty Images Foto: Drew Angerer/Getty Images
Jakarta - Windows bisa dibilang adalah sistem operasi PC paling populer di dunia, dan pengguna Windows 10 saat ini sudah mencapai 900 juta perangkat di seluruh dunia.

Angka ini terungkap dari kicauan Yusuf Mehdi, Corporate VP di Microsoft, yang menyebut angka 900 juta perangkat itu tak cuma berasal dari perangkat PC, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (29/9/2019).

Menurutnya, Microsoft selama 12 bulan terakhir sudah menambah varian perangkat yang bisa menjalankan Windows 10. Perangkat tersebut antara lain adalah Surface Hub, HoloLens, dan bahkan Xbox pun punya peran dalam membantu meningkatkan tingkat adopsi Windows 10.

Pertumbuhan jumlah pengguna ini diperkirakan akan terus meningkat, dan pada kuartal pertama 2020, diprediksi akan ada 1 miliar perangkat yang menjalankan Windows 10. Pertumbuhan ini terbilang sangat cepat mengingat pada Maret lalu jumlah perangkat yang menjalankan Windows 10 baru 800 juta.


Tingkat adopsi Windows 10 memang terbilang cepat sejak pertama dirilis. Salah satu faktor pendukungnya adalah Microsoft menggratiskan biaya pembaruan untuk para pengguna Windows versi sebelumnya.

Sebagai informasi, Windows 10 pertama tersedia pada pertengahan 2015 sebagai penerus dari Windows 8.1. Microsoft memilih untuk 'loncat' dari angka 8 ke 10 karena menurut mereka, berdasarkan produk yang bakal hadir, nama Windows 9 dinilai tidak cocok.



Simak Video "Microsoft: 83% Perangkat Lunak di Indonesia Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)