Jumat, 27 Sep 2019 16:48 WIB

Google Ulang Tahun ke-21

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Google Foto: Dok. Google
Jakarta - Google menampilkan sebuah Doodle yang menunjukkan sebuah PC desktop jadul untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-21.

Perangkat semacam ini lazim dipakai saat Sergey Brin dan Larry Page pertama mempublikasikan makalahnya yang berjudul 'The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (27/9/2019).

Dalam makalah tersebut, Brin dan Page menjelaskan tentang Google, sebuah prototipe mesin pencari berskala besar yang mempunyai database setidaknya 24 juta halaman. Makalah itulah yang menjadi cikal bakal Google yang ada saat ini.

"Kami memilih nama sistem kami, Google, karena ini adalah cara pelafalan paling lazim untuk googol, atau 10100, dan cocok dengan tujuan kami dalam membangun sebuah mesin pencari dengan skala sangat besar," tulis duo pendiri Google itu dalam pembuka makalah tersebut.

Sebagai informasi, googol adalah istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini dipakai untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet.


Selama 21 tahun, sampai saat ini, Brin dan Page menerapkan visi mereka terhadap mesin pencari, Google sudah bertumbuh sangat pesar. Mesin pencari Google kini mendata ratusan miliar laman web. Dan Google pun kini sudah beralih dari sebuah mesin pencari yang rendah diri menjadi sebuah kekuatan besar dalam hal periklanan.

Bahkan Google pun punya perusahaan induk bernama Alphabet, yang bisnisnya menggurita. Hampir semua hal dirambah oleh Alphabet, dari mobil otonom, sistem operasi ponsel, sampai kesehatan.

Tanggal lahir yang berubah-ubah
Soal tanggal ulang tahun ini, Google terbilang labil karena tanggalnya sudah berubah beberapa kali. Mereka memperingati ulang tahunnya pada 7 September di tahun 2003, 8 September di tahun 2004, lalu 26 September pada 2005. Barulah sejak 2006 sampai saat ini mereka memperingati ulang tahunnya pada 27 September.

Tak jelas mana yang sebenarnya tepat dijadikan tanggal ulang tahun Google, karena mereka resmi menjadi sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Sementara Page dan Brin mendaftarkan domain Google pada 15 September 1997, dan Doodle ulang tahun Google pertama muncul pada 2002, alias pada ulang tahunnya yang ke-4.

Namun yang jelas pada ulang tahunnya yang ke-21 ini, Google menjelma sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia. Selamat ulang tahun, Google!

Simak Video "Google Pengin Lebih Banyak Pekerjakan Karyawan Perempuan "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)