Jumat, 27 Sep 2019 13:34 WIB

Daya Saing Digital Indonesia Melesat Naik

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Suasana coworking space (Dok. Kolega) Suasana coworking space (Dok. Kolega)
Jakarta - Setiap negara bersaing mengadopsi perkembangan teknologi digital di dunia. Peringkat Indonesia naik 6 tingkat, namun PR belum selesai.

IMD World Competitiveness Center merilis hasil riset terbaru mereka untuk tahun 2019. Dilihat detikcom, Jumat (27/9/2019) IMD World Digital Competitiveness ranking (WDCR) memberikan penilaian daya saing digital 63 negara di dunia.

Daya saing digital mengukur kapasitas dan kesiapan sebuah negara mengadopsi dan mengolah teknologi digital untuk mendorong pembangunan ekonomi, pemerintahan dan masyarakat.

Untuk posisi 5 besar ada Amerika Serikat, Singapura, Swedia, Denmark dan Swiss. Posisi ini relatif tidak berubah dari tahun 2018.

Untuk Indonesia ada di peringkat 56. Indonesia naik 6 peringkat dari tahun 2018. Saat itu, Indonesia jadi juru kunci bersama Venezuela.

Namun perjuangan belum selesai. Dibandingkan negara ASEAN lain seperti Singapura (2), Malaysia (26), Thailand (40) dan Filipina (55), Indonesia jelas masih ketinggalan.

Daya saing digital Indonesia hanya unggul dari Brasil, Kolombia, Argentina, Ukraina, Peru, Mongolia dan Venezuela. Ayo semangat! Tahun depan harus lebih baik lagi.

Simak Video "Kominfo Peringati Netflix untuk Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik "
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)