Kamis, 26 Sep 2019 11:55 WIB

GoGreener Ajak Masyarakat Indonesia Diet Kantong Plastik

Faidah Umu Sofuroh - detikInet
Foto: Gojek Foto: Gojek
Jakarta - Sampah plastik di Indonesia terus menumpuk dan mencemari lingkungan bahkan sudah banyak masuk ke lautan. Akibatnya banyak ekosistem yang tercemar dan organisme-organisme yang mati akibat masalah sampah yang tak pernah selesai ini.

Melihat fenomena ini, pertengahan Juli 2019, Gojek meluncurkan program inisiatif ramah lingkungan yang diberi nama GoGreener. Program ini bertujuan untuk memudahkan konsumen, mitra merchant, dan mitra driver menjalani gaya hidup yang ramah lingkungan.

Salah satu penyumbang limbah plastik ini memang berasal dari plastik makanan. Oleh karena itu, Gojek melalui GoGreener memiliki inisiatif untuk mengajak konsumen hemat plastik. Caranya dengan memberikan pilihan kepada konsumen untuk tidak menyertakan alat makan sekali pakai dalam pemesanan makanan.


Selain itu, Gojek juga menyediakan tas pengantaran yang dirancang khusus untuk mitra driver. Pelanggan GoFood juga bisa dengan mudah berkontribusi dalam mengurangi sampah plastik melalui gerakan diet plastik.

Caranya sangat mudah, lho! Pertama buka aplikasi Gojek dengan versi terbaru dan pilih layanan GoFood. Pada halaman atas layanan GoFood, klik banner untuk memilih merchant yang menyediakan alat makan terpisah.

Pelanggan akan langsung masuk ke halaman merchant yang berpartisipasi dalam gerakan diet plastik ini. Setelah memilih menu favorit di merchant tersebut, pilih opsi untuk tidak menggunakan alat makan plastik sekali pakai.

Selain itu, kamu juga bisa mendukung gerakan diet plastik ini melalui sebuah kompetisi. GoGreener bekerja sama dengan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) mangadakan kompetisi foto GoGreener.


Cukup dengan mengupload fotomu ke sosial media dan berikan caption menarik tentang pengalaman memesan makanan tanpa alat makan plastik sekali pakai. Ikuti aturan mainnya secara lengkap. Kamu bisa melihatnya di Instagram GIDKP.

Akan ada hadiah berupa Green Kit eksklusif berisi Du'anyam foldable eco bag, tumbler, spork, food container, reusable straw denga total hadiah senilai Rp 300 ribu. Program ini akan berakhir 30 November 2019. Yuk, ikutan kompetisi ini sekarang juga!

Simak Video "Gojek Perangi Sampah Plastik, KLHK: Semoga Bisa Menginspirasi yang Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/akn)