Selasa, 24 Sep 2019 15:06 WIB

Kominfo Bantah 'Cekik' Akses Twitter

Fino Yurio Kristo - detikInet
Twitter. Foto: GettyImages Twitter. Foto: GettyImages
Jakarta - Sejumlah netizen mengeluhkan lambatnya akses ke jejaring media sosial Twitter. Ada yang mencurigai akses diperlambat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkait aksi demo mahasiswa yang digelar pada hari ini.

Ketika dikonfirmasi, Ferdinandus Setu selaku Plt Kepala Humas Kominfo membantahnya. "Tidak," jawabnya singkat kepada detikcom.

Kominfo sebelumnya juga sudah menyebut kalau mereka belum ada berencana untuk menjegal akses internet. "Tidak ada rencana untuk blokir internet di sekitaran DPR," ujar Ferdinandus.


Namun demikian, kemungkinan untuk membatasi koneksi ke dunia maya tetap ada jika terjadi situasi yang tidak diinginkan. Kominfo seperti diketahui, kadang memberlakukan pembatasan internet jika terjadi huru-hara dengan alasan mencegah maraknya informasi hoax.

"Yg telkomsel psti lagi lambat lambatnya buka twitter," kicau @radyatmaa, salah satu netizen yang mengeluhkan Twitter jadi lambat. Lalu ada juga @rererenaaaaa_ yang menyebut aksesnya ke Twitter menggunakan koneksi Indihome dan jaringan XL sama-sama lambat.
Kominfo Bantah 'Cekik' Akses TwitterFoto: Down Detector

Ketika dipantau di situs DownDetector, pada laman Twitter outage map menunjukkan peta Indonesia berwarna merah, utamanya di beberapa area seperti DKI Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar.

Namun memang di sejumlah negara lain ada juga yang ditampilkan dengan warna merah, seperti di Belgia, Mesir, dan Jepang. Jadi tidak hanya di Indonesia.



Kominfo Bantah 'Cekik' Akses Twitter


Simak Video "Netizen Keluhkan Twitter Lemot, Kominfo Bantah Batasi Akses"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/asj)