Sabtu, 21 Sep 2019 22:05 WIB

Kerasnya Kerja di Apple, Pegawai Sebut Cerai karena iPhone

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kerasnya kerja Steve Jobs. Foto: Justin Sullivan/Getty Images Kerasnya kerja Steve Jobs. Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta - Steve Jobs dikenal sebagai sosok yang visioner dan sangat penuntut demi ambisi menjadikan Apple perusahaan teknologi terbaik. Hal ini yang membuatnya selalu berusaha membuat timnya lebih giat. Ujung-ujungnya, bekerja di Apple pada masa itu sangat keras.

Terungkap dari buku 'The One Device: The Secret History of the iPhone' yang ditulis Brian Merchant, bahwa tuntutan tinggi dari Jobs membuat banyak orang merasa tertekan dan bahkan mengorbankan pernikahan mereka demi pekerjaan, seperti dikutip detikINET dari New York Post.

Karyawan yang menjadi bagian dari proyek iPhone generasi awal mengungkap bahwa "Kami harus bekerja hingga malam dan bahkan mengorbankan akhir pekan selama beberapa tahun untuk membuat produk ini."

Senior iPhone engineer, Andy Grignon bahkan menyebut bahwa saat menciptakan iPhone adalah masa terburuknya selama bekerja. "iPhone adalah alasanku bercerai," klaimnya.



Sentimen itu dibenarkan oleh beberapa karyawan atau mantan pegawai Apple yang lain. Kala itu, Jobs membagi dua tim dalam proyek iPhone, yang disebut P1 dan P2. Mereka diadu satu sama lain.

Menurut Merchant, tensi kedua tim sangat tinggi sehingga eksekutif dari tidak mau bergabung dalam satu ruangan. Proyek itu juga begitu dirahasiakan, sehingga ada yang menganggap Jobs paranoid.

Apple memberlakukan sekuriti tingkat tinggi. Ruangan mereka tidak bisa dimasuki sembarangan, memerlukan akses keamanan khusus. Bahkan petugas bersih-bersih pun tak diperkenankan masuk.

Namun membuat produk final iPhone tidak semudah membalikkan telapak tangan meski tim bekerja sangat keras. Baru sekitar dua tahun kemudian setelah masa itu atau tepatnya pada tahun 2007, iPhone akhirnya diluncurkan Apple.

Di masa pengembangan itu, peran Steve Jobs cukup besar dalam menyempurnakan setiap detail terkecil iPhone. Seperti diketahui, Jobs memang sangat perfeksionis. Dan meskipun mungkin banyak tingkahnya tak menyenangkan, dia tetap sosok yang begitu luar biasa.



Simak Video "Catat! Ini Tanggal Resmi iPhone 11 Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(/fyk)