Kamis, 19 Sep 2019 17:12 WIB

Seputar Bukalapak, Aplikasi yang Sempat Hilang dari Google Play Store

Puti Yasmin - detikInet
Seputar Bukalapak, Aplikasi yang Sempat Hilang dari Google Play Store/Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Seputar Bukalapak, Aplikasi yang Sempat Hilang dari Google Play Store/Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Aplikasi Bukalapak sempat menghilang dari Google Play Store hari ini. Netizen pun menyerbu akun Twitter resmi Bukalapak @Bukalapak untuk meminta penjelasan. Head of Corporate Communications Bukalapak, Intan Wibisono menyebut saat ini aplikasi Bukalapak menghilang dikarenakan sedang dalam proses pembaruan.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna baru yang ingin mengunduh aplikasi kami melalui Google Playstore. Saat ini kami sedang melakukan upaya pembaharuan agar Bukalapak dapat segera diunduh oleh pengguna baru melalui Google Playstore," kata Intan Wibisono ketika dihubungi detikINET, Kamis (19/9/2019).

Meski tak bisa diakses melalui Google Play Store sementara waktu sampai sore harinya, Bukalapak masih bisa digunakan melalui website. Berikut fakta-fakta seputar Bukalapak yang hari ini menghilang dari Google Play Store.


1. Modal Ratusan Ribu

Pendiri Bukalapak Achmad Zaky mengaku hanya bermodal ratusan ribu rupiah saat pertama kali mendirikan toko online tersebut. Modal awal dia gunakan untuk membeli domain atau web server.

2. Visi dan Misi Sederhana

Dikutip dari website resmi, PT Bukalapak.com memiliki visi dan misi yang sederhana. Visinya 'Menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia' dan misinya 'Memberdayakan UKM yang ada di seluruh penjuru Indonesia'.



3. Alibaba Jadi Investor

Di balik nama besar Bukalapak, ternyata ada banyak investor yang mendukung keuangan mereka. Salah satunya adalah Ant Financial yang merupakan perusahaan subordinasi Alibaba Group.

4. PHK Karyawan

Baru-baru ini, Bukalapak melakukan PHK karyawan. Hal itu diakui sebagai langkah restrukturisasi perusahaan.

5. Unicorn

Bukalapak menjadi salah satu unicorn asal Indonesia. Unicorn sendiri meruapkan gelar yang diberikan pada starup dengan nilai valuasi lebih dari US$ 1 miliar.

Simak Video "Bukalapak Hilang di Play Store, Bagaimana Nasib Pengguna?"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)