Selasa, 17 Sep 2019 22:18 WIB

'Robot Sophia Itu Gak Pinter-pinter Amat'

Agus Tri Haryanto - detikInet
Robot Sophia. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat Robot Sophia. Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Jakarta - Meski robot Sophia tampil memukau di hadapan para peserta Youth Dialogue 2019, tetapi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara melihat bahwa robot tersebut masih memiliki kelemahan.

Dengan sentuhan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang tertanam di Sophia, robot tersebut bisa berbicara dan merespons layaknya manusia. Namun ucapannya yang masih mengandalkan script yang sudah ditulis sebelumnya, jadi nilai minus.

"Ternyata (Sophia) nggak pinter-pinter amat. Kenapa? Karena saya pun nanyanya harus menggunakan cue card, pertanyaannya di sana dan programnya jawabnya apa," ungkap Rudiantara di Jakarta, Selasa (17/9/2019).


Menkominfo sendiri merasakan langsung berinteraksi dengan Sophia, robot AI yang sudah dikenal di jagat teknologi dunia. Sophia dirancang oleh Hanson Robotics, perusahaan teknologi di Hong Kong.

Kendati begitu, Menkominfo menekankan bila Sophia terus dikembangkan lagi ke depannya. Maka bukan tak mungkin, robot tersebut bisa ngobrol dengan manusia tanpa harus dipandu dengan cue card.

Tentunya itu bisa terjadi, apabila pengembangan Sophia terus ditingkatkan, salah satunya soal kemampuan bicaranya dengan menambahkan lebih banyak diksi di dalamnya.

"Kalau Sophia datang lagi ke sini, kita nggak perlu pakai cue card nanyanya, jadi bebas-bebas gitu. Itu impresi saya tentang Sophia," pungkasnya.



Simak Video "Terungkap! Ini Sosok Wanita yang Ditaksir Gading Marten"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)