Sabtu, 14 Sep 2019 18:22 WIB

Keputusan Pensiun Jack Ma pun Menjadi Teladan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun
Jakarta - Jack Ma dianggap menjadi teladan bagi perusahaan China, termasuk dengan keputusannya pensiun dalam usia relatif muda dari Alibaba dan merencanakan suksesi kepemimpinan perusahaannya sejak lama.

"Dia pensiun saat masih berada di puncak. Sulit menemukan perusahaan lain (di China-red), terkhusus perusahaan teknologi, yang punya rencana suksesi seperti itu," tulis editorial South China Morning Post.




Media berpengaruh yang berbasis di Hong Kong tersebut menyatakan perusahaan barat sudah sangat lama terbiasa dengan rencana suksesi. Berbeda situasinya dengan di China.

"Di China, generasi baru entrepreneur swasta baru mulai muncul pada tahun 1980-an dan 1990-an dan generasi pertama sering tetap ada," tulis mereka.




Pendiri perusahaan pun rentan terus bekerja melewati masa pensiun sehingga suksesi berpotensi terganggu. Masa depan perusahaan bisa kena risiko. Maka keputusan Jack Ma pensiun saat ini dan merancang suksesi dengan mulus adalah langkah tepat.

Saat event perpisahan dengan para karyawan 10 September kemarin, Ma punya pesan khusus pada Alibaba. Ia berharap Alibaba tidak hanya mengejar uang tapi juga tetap menjadi perusahaan yang bertanggung jawab.

"Tidak mudah menjadi sebuah perusahaan yang kuat, tapi lebih sulit lagi untuk menjadi perusahaan yang baik," kata pria berusia 55 tahun ini.




Simak Video "Tuai Kritikan, Jack Ma Jelaskan Soal Sistem Kerja ''996''"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/krs)
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun