Sabtu, 14 Sep 2019 12:13 WIB

#IndonesiaDaruratAsap, Netizen Prihatin

Josina - detikInet
Kabut asap di Sumatera. (Foto: Antara Foto Kabut asap di Sumatera. (Foto: Antara Foto
Jakarta - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau terus bertambah sehingga memunculkan kabut asap yang pekat.

Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Regional Sumatera menyebut kualitas udara di Pekanbaru sudah level berbahaya akibat karhutla. Kabut asap di Riau ini juga berdampak ke daerah lain.

"Sejak kemarin hingga hari ini dari pembacaan data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) kualitas udara Pekanbaru sudah tingkat berbahaya," kata Kepala Pusat P3E Regional Sumatera di bawah KHLK, Amral Fery, kepada detikcom, Jumat (13/9/2019).




Hal inilah yang membuat banyak masyarakat Indonesia khususnya warga Riau cemas dan khawatir akan dampak bahaya yang bisa ditimbulkan. Tak heran jika di linimasa Twitter kalimat bertagar Indonesia Darurat Asap masuk trending topik yang memuncaki nomor satu.

trending topik indonesia darurat asaptrending topik indonesia darurat asap Foto: screenshot


Banyak netizen di luar kota Riau memberikan doa, dukungan dan harapan agar hujan alami segera turun untuk mengurangi asap dan juga banyak netizen yang menuntut pemerintahan untuk bisa segera dengan cepat mengatasi dengan membuat hujan buatan ataupun tindakan lainnya.

Sementara untuk warga Riau membagikan foto-foto serta video memperlihatkan kondisi kota Riau yang penuh dengan asap tebal.



















Simak Video "Bocoran Realme XT: dari Penjualan hingga Harganya"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/krs)