Kamis, 12 Sep 2019 21:24 WIB

Bukan 'Mama Minta Pulsa', Sekarang Zamannya 'Mama Minta OTP'

Uji Sukma Medianti - detikInet
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Modus kejahatan skimming semakin beragam seiring dengan perkembangan digital teknologi. Kalau dulu masyarakat dihebohkan dengan terror 'mama minta pulsa', di era maraknya dompet digital muncul istilah CODI alias Copet Digital. Modusnya bukan lagi minta pulsa melainkan minta kode OTP (One Time Password).

Sebelum beranjak ke modus kejahatannya. Ada hal yang kamu wajib tahu. Kode OTP adalah pin keamanan yang hanya digunakan sekali pakai. Biasanya kode OTP ini dikirim ke nomor telepon melalui SMS ataupun direct call. Kode ini didapatkan apabila kamu mendaftar dompet digital ataupun aplikasi online serta transaksi perbankan.

Biasanya, kode OTP juga diperlukan saat kamu mau ganti PIN. Nah, rutin mengganti PIN ini juga penting kamu lakukan supaya terhindar dari CODI. Para Copet Digital ini mengincar OTP dan PIN kamu karena keduanya merupakan fitur keamanan autentifikasi dua faktor. Modus yang dilakukan para copet digital adalah saat pengguna mengganti atau me-reset PIN, copet lalu meminta kode OTP. Jika sudah dapat OTP maka selanjutnya mereka akan mengubah
PIN lagi.




Dari situlah, para copet digital lalu melakukan tindak kejahatan mulai dari mengambil saldo, melakukan transaksi ke akun lain hingga melakukan penipuan ke daftar kontak yang ada di telepon genggamanmu. Dikutip dari salah satu website resmi dompet digital DANA, perlu diketahui kalau apapun aplikasi dompet digital ataupun aplikasi belanja online tidak pernah ada yang meminta kode OTP milik pribadi.

"Kode OTP gak akan diminta sama pihak resmi mana pun termasuk DANA, bank, atau aplikasi pembayaran online lainnya. Karena kode OTP cuma buat kamu, kalau ada yang minta, pasti penipu!" dikutip Kamis (12/9/2019).

Selain itu, pastikan juga kalau PIN dan OTP kamu adalah dua hal yang sangat privasi. Jangan sampai orang lain apalagi mantan pacar kamu tahu. Di samping itu, saat melakukan reset PIN pastikan kalau kamu mendapatkan info dari sumber yang valid. Hindari juga penggunaan wifi publik di tempat umum.




Platform dompet digital seperti DANA sudah memberikan DANA Protection. Melalui fitur tersebut, DANA memberikan jaminan proteksi 100% untuk kenyamanan serta keamanan penggunanya. Jaminan proteksi ini dimanfaatkan secara optimal oleh pengguna dompet digital DANA yang telah mendaftarkan diri sebagai pengguna DANA premium.

Untuk mengubah akun jadi DANA premium, pengguna DANA cukup mengikuti proses pengisian identitas sesuai dengan ketentuan. Keamanan data di DANA juga dijamin karena bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri dalam hal pemanfaatan data kependudukan. Termasuk ketika pemilik akun kehilangan telepon genggam mereka. DANA akan mengembalikan saldo secara utuh apabila pengguna melapor dalam waktu maksimal 15 hari. Tunggu apa lagi? Yuk pakai DANA tinggal download di Play Store dan Apps Store. Ikuti info lengkap dan promo menarik DANA di Instagram DANA.

Simak Video "Soal Dana Bantuan Parpol, PKPI: Ada Tidaknya Dana Kami Tetap Eksis"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/krs)