Kamis, 12 Sep 2019 21:04 WIB

Boleh Kok Cas Smartphone Lalu Ditinggal Tidur, Tapi...

Aisyah Kamaliah - detikInet
Charging handphone ditinggal tidur. Foto: Ilustrasi/Thinkstock Charging handphone ditinggal tidur. Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Nge-charge ponsel ditinggal tidur mungkin jadi kebiasaan sejumlah orang walaupun ada anggapan hal itu bisa bikin baterai "bocor". Boleh nggak sih sebenarnya?

"Boleh," kata Lucky Sebastian Pengamat Gadget kepada detikINET.

"Smartphone sekarang sudah memiliki chip untuk memantau arus masuk, chip ini umumnya ada di smartphone, bisa juga tersedia di charger, atau kombinasi keduanya. Arus masuk akan terhenti otomatis saat baterai penuh walau kita sedang tidur," jelasnya.




Jadi Lucky menegaskan anggapan charging smartphone sambil ditinggal tidur bakal bikin baterai bocor hanyalah mitos. Tapi tentu ada hal-hal yang bisa kamu pertimbangkan jika memang punya kebiasaan seperti itu.

Misalnya, rasa khawatir bakal kelamaan ngecas, baik itu karena faktor keamanan atau ingin hemat listrik. Lucky menyarankan, kamu bisa mengatasinya dengan membeli timer buat colokan listrik lalu menyetelnya sesuai keinginan sehingga arus listrik nanti bisa mati secara otomatis.

Selain itu, yang lebih penting lagi adalah pemilihan charger dan kabel. Memilih charger dan kabel yang sesuai standar pabrikan adalah hal penting, jadi tetap teliti sekalipun ada produk yang dibanderol dengan harga murah.

"Terkadang kita tergoda dengan harga murah dan membeli charger atau kabel yang sering tidak sesuai standar dan tidak memiliki pengaman yang memadai," tandasnya.




Simak Video "Realme Masuk ke Jajaran 5 Ponsel Ngetop di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/krs)