Kamis, 12 Sep 2019 20:03 WIB

Kelebihan Steve Jobs yang Paling Bikin Bill Gates Iri

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Steve Jobs dan Bill Gates Muda. Foto: Getty Images Steve Jobs dan Bill Gates Muda. Foto: Getty Images
Jakarta - Bill Gates dan Steve Jobs sama-sama legenda di jagat teknologi. Walau kadang ada friksi, mereka tetap menjadi teman. Nah, ternyata Bill Gates menyimpan rasa iri terhadap salah satu kemampuan Jobs.

Dalam wawancara dengan Wall Street Journal untuk mendiskusikan film dokumenternya berjudul Inside Bill's Brain yang akan tayang di Netflix, sang pendiri Microsoft mengakui bahwa dirinya bukanlah pembicara publik yang hebat.

Meski kemampuan Gates dalam berbicara di hadapan publik semakin baik, ia mengaku tidak ada yang bisa menarik perhatian hadirin sebaik Jobs. Bahkan meskipun topik yang ia utarakan membosankan, Jobs tetap bisa membuatnya menarik.




"Steve Jobs selalu natural melakukannya. Dia bisa berbicara soal komputer Next yang notabene bukan mesin sangat bagus, tapi mempesonakan orang jika terjadi di auditorium," paparnya.

Gates mengaku ingin bisa berbicara 'semagis' Jobs karena kerap membicarakan topik berat. Terkadang, ia harus berusaha untuk memastikan apa yang diucapkannya diperhatikan.

Berbicara soal hubungan mereka, Gates dan Jobs pernah terlibat dalam perseteruan serius. Puncaknya terjadi saat Microsoft merilis Windows pertama pada 1985, yang menggunakan tampilan antarmuka grafis. Jobs yang marah menuduh Microsoft meniru mentah-mentah Macintosh.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/krs)