Kamis, 12 Sep 2019 14:30 WIB

Firefox Jajal Layanan VPN

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Mozilla Foto: Dok. Mozilla
Jakarta - Setelah memastikan akan memblokir tracker pihak ketiga, kini Mozilla menguji layanan VPN di Firefox. Tujuan utama dari kedua langkah ini adalah memberikan privasi lebih baik pada pengguna browser tersebut.

VPN di Firefox itu diberi nama Firefox Private Network, dan diklaim sebuah jalur yang aman dan terenkripsi untuk menejelajahi web.

Meski gratis, VPN milik Firefox ini terbatas penggunaannya karena merupakan VPN yang berbasis browser. Jadi, aktivitas lain yang tak melalui browser tidak akan terlindungi oleh VPN.

Mozilla sendiri memang hanya menyarankan penggunaan Firefox Private Network jika penggunanya membutuhkan koneksi terenkripsi saat menggunakan Firefox di koneksi WiFi publik.




Firefox Private Network sendiri kini sudah bisa dijajal oleh pengguna, meski layanan ini masih pada fase beta, dan penggunanya harus berbasis di Amerika Serikat. Selain itu penggunanya pun harus login menggunakan akun Firefox untuk bisa menggunakan layanan ini.

Mozilla juga mengkonfirmasi kalau Firefox Private Network ini akan tersedia secara gratis untuk waktu yang terbatas. Jadi, kemungkinan di masa yang akan datang pengguna harus membayar untuk bisa menikmati layanan VPN tersebut.

Firefox Private Network adalah proyek pertama dari program Test Pilot milik Firefox. Program ini membuat pengguna bisa menjajal sejumlah fitur eksperimen di browser tersebut, contohnya adalah tab vertikal, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (12/9/2019).




Simak Video "Mozilla Ciptakan Firefox Rocket Khusus Pengguna Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com