Selasa, 10 Sep 2019 21:10 WIB

PHK di Bukalapak Jadi Sorotan Publik, Begitulah Nasib Unicorn

Rachmatunnisa - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
FOKUS BERITA PHK Bukalapak
Jakarta - Kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) sejumlah karyawan Bukalapak membuat startup yang dipimpin Achmad Zaky itu menjadi sorotan dari publik. Pengamat dunia startup melihat hal ini sebagai salah satu beban menjadi startup selevel unicorn.

"Saya melihat bahwa para unicorn ini, apapun yang terjadi di sana, apakah terjadi pergantian orang, PHK, atau ada produk baru pasti jadi sorotan berbagai pihak, media, bisnis, publik juga. Mungkin itu jadi beban tambahan para unicorn ini," kata pengamat dunia startup Enda Nasution, dihubungi detikINET, Selasa (10/9/2019).




Dengan sorotan dari berbagai pihak mengarah pada mereka, menurut Enda, sebuah startup tak hanya bertanggung jawab pada karyawannya sendiri dan para pemegang saham, melainkan juga menjadi semacam tolok ukur ekonomi digital Indonesia ke depannya.

"Dunia startup terutama para unicorn-nya ini ternyata memang jadi sorotan dan sangat diperhatikan banyak pihak. Kasihan sih, jadi pressure-nya jadi lebih berat. Tapi anggap saja sebagai tantangan supaya tentu reward-nya lebih besar. Kita semua pasti lah mendukung unicorn Indonesia," jelasnya.

Enda secara pribadi pun berharap Bukalapak akan terus berkembang pesat dan menghadirkan berbagai inovasi baru. Dirinya yakin potensi ekonomi Bukalapak tidak akan melambat, mengingat masih banyak pasar yang belum dijangkaunya.




"Pasarnya masih besar dan apapun challenge yang dihadapi saya yakin mereka mampu mengatasinya. Kalaupun dianggap sedikit setback, ini hanya setback sementara, ada PHK, tapi setback sedikit ke belakang untuk melompat lebih jauh ke depan," katanya yakin.


(Halaman selanjutnya: Dampak pada Peta Persaingan e-Commerce )


(rns/krs)
FOKUS BERITA PHK Bukalapak

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com