Selasa, 10 Sep 2019 14:20 WIB

Bagaimana Nasib Alibaba Usai Ditinggal Jack Ma?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun
Jakarta - Jack Ma adalah Alibaba, bahkan bisa dibilang ia lebih populer dari raksasa e-commerce ciptaannya itu. Tak sekadar tenar, ia pula yang membawa Alibaba jadi besar. Kini setelah ia pensiun, bagaimana nasib Alibaba ke depan?

Dua dekade sudah Jack Ma memimpin Alibaba sejak mendirikannya bersama 17 rekan pada tahun 1999 di Hangzhou. Sudah berusia 20 tahun, kepergian Ma dinilai merupakan era baru Alibaba, di mana generasi baru pemimpin yang lebih muda akan menakhodai 'kapal' senilai USD 460 miliar itu.

Penerus Ma adalah Daniel Zhang, CEO Alibaba yang kini menjadi chairman. Seorang akuntan, kepribadian tenang dan suara pelan Zhang adalah kontras dari Jack Ma, pemimpin flamboyan dan berkarisma.




"Pikiran analitisnya tak tertandingi, dia memegang misi dan visi kami, dia memeluk tanggung jawab dengan semangat, dan dia memiliki keberanian untuk berinovasi dan menguji model bisnis kreatif," kata Ma mengenai sosok Zhang yang ia percaya sebagai penerusnya.

Tantangan besar menghadangnya seiring perlambatan industri e-commerce. Dikutip detikINET dari Reuters, Zhang harus menemukan area pertumbuhan baru karena bisnis online di China mulai jenuh.

Minggu lalu, Alibaba mengumumkan akuisisi platform retail barang mewah, Kaola, senilai USD 2,7 miliar. Sebuah pertanda bahwa mereka tidak segan mengadopsi strategi baru.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/krs)
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun