Senin, 09 Sep 2019 14:02 WIB

Sebentar Lagi Jack Ma Undur Diri

Fino Yurio Kristo - detikInet
1 Jack Ma Pamitan
Halaman 2 dari 3
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun

Dengan jumlah pengguna bulanan mencapai 750 juta, Alibaba membantu mengembangkan bisnis UKM di China secara masif, terutama melalui platform Taobao dan Tmall.

"Ma adalah pemicu utama perkembangan industri dan ekonomi internet China. Dia adalah godfather entrepreneur China," kata seorang pembuat perabot, Cheng Huaibao.

Cheng adalah salah satu dari jutaan pebisnis kecil di China yang menggantungkan penjualan pada Alibaba. Sekarang, bisnisnya berkembang dan dia memiliki 100 karyawan.

"Tanpa guru Ma, saya tidak akan bertindak dan memulai bisnis saya sendiri," kata Cheng yang sangat menghormati sosok Jack Ma.

Juni lalu, Ma mengaku akan menghabiskan waktu beberapa bulan untuk belajar, berencana dan untuk memikirkan perjalanan hidup selanjutnya. Dia mengestimasi 60% waktunya akan didedikasikan untuk kegiatan pendidikan.

Melalui yayasannya, Ma berencana membangun sekolah-sekolah dan terlibat secara langsung, misalnya berdiskusi dengan para kepala sekolah. Adapun 40% lagi waktunya akan dimanfaatkan untuk hobi atau kegemaran yang menarik perhatiannya.

(ke halaman selanjutnya)

(fyk/krs)
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun